Umum  

Urutan Dzikir Setelah Sholat Fardhu, Lengkap Dengan Artinya

Berikut urutan dzikir setelah sholat fardhu lengkap dengan artinya.

Setelah selesai sholat, sebaiknya dilanjutkan dengan membaca dzikir terlebih dahulu.

Nabi SAW setelah melaksanakan shalat, selalu mengingat dan berdoa terlebih dahulu.

Dzikir memiliki arti ingat kepada Allah SWT.

Sementara itu, dzikir memiliki banyak manfaat.

Diantaranya, hati menjadi tenang, semakin dekat dengan Allah SWT, dan mendapat derajat yang mulia.

Lalu bagaimana urutan dzikir setelah sholat fardhu?

Berikut urutan dzikir setelah sholat fardhu yang dikutip dari Gramedia.com, Buku Fikih Kelas II Madrasah Ibtidaiyah dan Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah karya Ust. M. Syukron Maksum:

1. Membaca Istighfar (3 Kali)

Aku memohon ampunan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Hidup, Yang Abadi, dan aku bertaubat kepada-Nya

Astaghfirullah al’adzim, Alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atubu ilaihi

Artinya:

“Saya mohon ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang tiada tuhan selain Dia yang hidup dan berdiri sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya. ” alternatif

2. Membaca Kalimat Tauhid (3 Kali)

Tidak ada Tuhan selain Allah saja, Dia tidak memiliki pasangan, Dia adalah kerajaan dan Dia adalah pujian, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

La ilaha illallahu wa’hdahula syariikalahu, lahulmulku walahul ‘hamdu yu’hyii wayumiitu wahuwa’ alakulli syai ‘ing qadiiru

Artinya:

“Tidak ada Tuhan selain Tuhan itu sendiri, Dia tidak memiliki sekutu. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

3. Membaca Doa Keselamatan

Untuk Anda, Anda adalah kedamaian, dan dari Anda, kedamaian, dan untuk Anda, kedamaian atas Anda, dan kami akan hidup bersama kami dengan damai, dan kami akan memasuki surga.

Allahumma angtassalamu wa minkassalamu wa ilaika ya’uwdussalamu, fakhayyina rabbana bissalamu wa adkhilnaljannata darassalami tabarakta rabbana wa ta ‘alaita yadzaljalali wal ikraam.

Artinya:

“Ya Tuhan! Anda adalah pemilik kedamaian, dari Anda kedamaian, dan kepada Anda kembali kedamaian. Karena itu, berilah kami kehidupan, ya Tuhan kami, dengan penuh kedamaian. Masukkan kami ke surga, tempat kedamaian. Engkau, Tuhan kami, Maha Suci dan Maha Tinggi, wahai zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

BACA JUGA  Cara Tetap Sehat dan Bugar Meski Hobby Makan Enak

4. Membaca Al-Fatihah

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang 1

Bismilāhirraḥmānirraḥīm.

Artinya:

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

Alḥamdu lillāhi rabbil.

Artinya:

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

Pengasih tapi Penyayang3

Dengan raḥmānir raḥīm.

Artinya:

Yang Pengasih dan Penyayang,

Raja Hari Pembalasan 4

Malik hari ini.

Artinya:

Pemilik hari Pembalasan

Semoga kami menyembah Anda dan semoga kami meminta bantuan Anda 5

Iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn.

Artinya:

Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan.

Tunjukkan kami jalan yang lurus 6

Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm.

Artinya:

Bimbing kami ke jalan yang lurus.

Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang telah Kau murka, maupun jalan orang-orang yang tersesat.

Sirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ ḍāllīn.

Artinya:

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat.

5. Membaca Ayat Kursi

اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

Tidak ada Tuhan selain Allah. Ta’khudzuhuu sinatow adalah naum. Roh adalah langit dan bumi. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘Saya tidak yakin harus berbuat apa melakukan. Ya’lamu adalah bayna aidiihim dan khalfahum. Bukan yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii dari lahir syaa-a. Nasihat para Kursiyyuhus ada di surga, dan tidak ada ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim

Artinya:

“Tuhan, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang hidup selama-lamanya dan terus memelihara makhluk-makhluk-Nya; tidak mengantuk dan sulit tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang bisa bersyafaat dengan Tuhan tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui ilmu Allah kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Tuhan tidak merasa sulit untuk memelihara keduanya, dan Tuhan itu Tinggi dan Agung.

BACA JUGA  Berapa Lama Sih Umur Rayap ? Cek Disini!

6. Membaca Tasbih, Tahmid dan Takbir (masing-masing 33x)

Puji Tuhan

Subhanallah (33X)

Artinya: Maha Suci Allah

Terima kasih Tuhan

Alhamdulillah (33X)

Artinya: Segala Puji Bagi Allah

Tuhan itu hebat

Allahu Akbar (33X)

Artinya: Allah Maha Besar

7. Setelah itu lengkapi bacaan

Tuhan maha besar, terpujilah Tuhan, dan kemuliaan bagi Tuhan pagi dan petang.

Tiada Tuhan selain Allah semata tanpa sekutu,

Dialah kerajaan, dan Dialah pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Tinggi dan Agung.

Allahu Akbar Walhmadulillilaahi kabira wa subhanallahi bukratan wa asiila, laa ilaha illallahu wahdahu yang syarikalahu, lahulmulku walahulhamdu yuhyi wa yumiitu wahuwa ala kulli syain kodir, wa la hauwa wa la quwwata illa billahil ‘aliyil ” ‘adim.

Bacaan Doa Setelah Sholat

Berikut bacaan sholat dikutip dari zakat.or.id:

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Segala puji bagi Dia yang memenuhi rahmat-Nya dan membalas lebih dari itu. Ya Tuhan, segala puji bagi-Mu, dan terima kasih kepada-Mu, sebagaimana seharusnya untuk keagungan wajah Anda dan kebesaran otoritas Anda.

Ya Allah, berkati dan berikan kedamaian kepada junjungan kami Muhammad dan keluarga junjungan kami Muhammad. Doa yang menyelamatkan kita dari segala kengerian dan hama. Dan taringnya memenuhi semua kebutuhan, dan menyucikan kita dengannya dari segala kejahatan. Dan Anda akan menaikkannya ke level tertinggi. Dan dengan demikian Dia menyampaikan kepada kita tujuan paling ekstrim dari semua hal baik dalam hidup dan setelah kematian.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. Ya Allah, segala puji bagi Dia yang pergolakan maut, kedamaian Dari Neraka, dan waktu ayah-Nya. Ya Tuhan kami, janganlah hati menyimpang setelah Engkau membimbing kami, dan berilah kami rahmat dari-Mu.

BACA JUGA  5 Fakta Rupiah Digital, Tekan Risiko Kripto Hingga Dikritik IMF

Ya Tuhan kami, beri kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jauhkan kami dari siksa neraka

Shalawat Allah atas junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sepadan dengan nikmat-Nya dan menjamin penambahannya. Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, dan bagi-Mu segala syukur, sebagaimana layaknya keagungan zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

“Ya Allah, limpahkan rahmat dan kesejahteraan kepada pemimpin kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yang merupakan rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi semua kebutuhan kami, yang dapat mensucikan kami dari segala kejahatan, yang dapat mengangkat derajat kami setinggi-tingginya di sisi-Mu, dan dapat mengantarkan kami pada tujuan maksimal segala kebaikan, baik semasa hidup maupun setelah mati. Sesungguhnya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, dan Maha Mengizinkan segala doa dan permohonan. Ya Allah Yang Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.”

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kesejahteraan dalam agama, di dunia dan di akhirat, kesehatan jasmani, kesehatan jasmani, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum meninggal, rahmat pada saat meninggal, dan ampunan setelah meninggal. Ya Tuhan! Mudahkan kami menghadapi kematian, (berikan kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada waktu hisab. ke samping. Sesungguhnya Engkaulah Sang Pemberi.

“Wahai Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungi kami dari siksa neraka.”

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada pemimpin kita, Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. ” ‘

(/Farrah Putri)