News  

Tips Bersiap Hadapi Gejolak Ekonomi dan Inflasi Tinggi

Tips Bersiap Hadapi Gejolak Ekonomi dan Inflasi Tinggi

SurabayaNews.co.id – Perkembangan zaman yang semakin maju tidak tidak terlepas dari gejolak ekonomi yang semakin tidak pasti, salah satunya adalah inflasi. Jika inflasi yang berlangsung dalam satu negara tidak bisa di atasi maka ini sangat berpengaruh buruk untuk kelangsungan ekonomi yang berlangsung misalnya saja menyebabkan nilai rupiah menurun, harga kurang stabil, permintaan produk meningkat namun persediaan produk menipis serta masih banyak lagi efek lainnya.

Baca juga: Cara Import barang dari China

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan kalian tentang cara mengatasi inflasi serta penjelasannya, yuk cek dibawah ini.

Apa Itu Inflasi ?

Jika mengambil arti dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Inflasi adalah kemerosotan nilau uang karena banyaknya serta cepatnya yang uang beredar yang menyebabkan barang – barang menjadi naik harga. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka kondisi negara akan mengalami efek yang sangat buruk.

Apa Saja Penyebab Faktor Inflasi ?

Disini kalian perlu mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan inflasi sehingga persiapan kalian akan lebih matang saat menghadapi kondisi tersebut. Berikutnya ini penyebab – penyebab inflasi yang harus kalian ketahui.

1. Tarikan Inflasi

Tarikan Inflasi atau sering di sebut juga dengan deman pull inflation adalah banyaknya masyarakat yang menginginkan barang atau jasa dan ini sering di akibatkan oleh likuiditas yang terjadi di pasar yang secara otomatis mengakibatkan permintaan menjadi tinggi.

BACA JUGA  Bocoran Performa Samsung Galaxy Z Fold 4 Semakin Garang

Saat permintaan tinggi maka ini bisa menyebabkan perubahan harga, tidak hanya itu saja bahkan faktor produksi juga bisa meningkat.

2. Desakan Produksi atau Distribusi

Selanjutnya Desakan Produksi atau Distribusi atau di sebut juga dengan cost push inflation yang menyebabkan biaya produksi menjadi meningkat dalam waktu yang terus menerus, desakan ini juga di barengi dengan kelangkaan produksi serta kelangkaan distribusi.

3. Inflasi Campuran

Inflasi campuran atau di sebut juga dengan mixed inflation. Inflasi ini biasanya di sebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara penawaran dengan permintaan, sebagai contoh saat permintaan barang sebuah produk meningkat sebut saja sebuah motor, saat banyaknya permintaan motor lalu motor tersebut habis dan tidak ada penggantinya. Maka saat hal tersebut terjadi maka otomatis akan terjadi inflasi.

Jika Inflasi sudah terjadi, maka mau tidak mau kalian harus siap untuk menghadapinya, lantas apa saja persiapan untuk mengatasinya ? yuk cek dibawah ini yah.

Tips Bersiap Menghadapi Inflasi

Salah satu tips yang akan kami bagikan kali ini adalah sebagai berikut ini yah.

1. Investasi

Salah satu cara bisa kalian tempuh untuk mempersipakan diri menghadapi inflasi adalah dengan cara berinvestasi. Misalnya saja kalian investasi dengan membeli tanah, membeli rumah, membeli emas atau yang lainnya.

Pasalnya jika tidak melakukan investasi, kalin bisa membayangkan jika di tahun 2022 dengan uang sejumlah 32 juta kalian bisa membeli motor NMAX secara cash, maka sepuluh tahun kedepan uang sebanyak 32 juta tersebut belum tentu bisa membeli motor dengan versi yang sama. Jadi dengan berinvestasi kalian bisa mengamankan uang yang kalian miliki.

Banyak instrumen investasi yang bisa kita pilih saat ini, mulai dari yang konvensional seperti investasi properti, tanah, emas, pasar saham, hingga yang sedang trend saat ini yaitu investasi di cryptocurrency.

BACA JUGA  5 Keunggulan Kota Surabaya Untuk Dijadikan Sebagai Pusat Bisnis

Bitcoin, sebagai salah satu pelopor dan yang paling terkenal, menjadi salah satu instrumen investasi di pasar kripto yang paling digandrungi, meskipun harga bitcoin sendiri sempat fluktuatif.

2. Amankan Aset Yang Sudah Ada

Kalian harus bisa mengaman aset yang sudah ada misalnya saja tabungan di bank yang jumlahnya sangat besar, sebaiknya ambil tabungan tersebut dan belikan sebuah tanah atau investasi property.

Menurut kami 2 persiapakan yang kami jelaskan untuk menghadapi inflasi sudah cukup mewakili yah, jadi silahkan pikirkan mulai dari sekarang apakah kalian akan melakukannya atau tidak.

Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang tips bersiap hadapi gejolak ekonomi dan inflasi tinggi, semoga saja pembahasan ini bermanfaat yah.