News  

Mari Mengenal Proxy Dan Jenis-jenisnya Di Unmuhkaranganyar

Istilah proxy sering terdengar saat membicarakan koneksi internet. Apalagi ketika sebuah situs sedang diblokir beberapa orang akan menyarankan “di-proxy aja” sebagai solusi. Bisa juga saat kamu ingin browsing internet tanpa ketahuan identitas dirimu..

Lantas apa itu proxy? Supaya lebih jelas dalam memahaminya, berikut adalah sebuah penjelasan yang bisa kamu baca.

Apa yang dimaksud dengan proxy?

Menurut unmuhkaranganyar.id Proxy merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan Internet Protocols (IP) yang berbeda dengan alat yang digunakan. Alat untuk menjalankan sistem ini disebut sebagai server proxy. Bisa laptop atau komputer yang digunakan untuk menjalankan layanan proxy.

Lalu apa bedanya proxy dengan Virtual Private Network (VPN)? Server proxy tidak selalu melakukan enkripsi saat mengirim ataupun menerima data, sehingga koneksi internet yang terjadi cenderung lebih cepat daripada VPN.

Nah, kegunaan dari proxy ataupun server proxy ini bermacam-macam, sehingga banyak tersedia jenisnya. Ada yang berguna membatasi koneksi yang masuk dan ada pula yang berfungsi sebagai jembatan antara penerima dengan pengirim data.

Baca juga:Cara Menggunakan VPN untuk PC Windows 10

Cara kerja proxy perlu dipahami

Pada dasarnya setiap komputer ataupun alat yang digunakan untuk terhubung dengan internet memiliki alamat IP atau IP address yang berbeda-beda. Nah, IP address ini lah yang membantu proxy untuk mengirimkan data.

Ibaratnya proxy adalah layanan pos dan IP address merupakan alamat rumahmu. Kurang lebih cara kerjanya sama seperti saat kamu tengah mengagumi seseorang dan kemudian mengirim surat tanpa ingin ketahuan identitasnya. Suratnya sampai, tetapi gadis idamanmu tidak tahu siapa yang mengirimnya.

Secara teknis, proxy akan bekerja saat kamu ingin membuka sebuah situs. Nah, alamat yang kamu ketik akan masuk ke server proxy. Setelah itu, server tersebut membuat permintaan untuk mengakses situs dengan mengumpulkan respons dari server web. Ketika semua sudah terkumpul dengan baik, kamu bisa mengakses situs yang kamu inginkan.

BACA JUGA  Tips Bersiap Hadapi Gejolak Ekonomi dan Inflasi Tinggi

Saat proxy meminta respons dari server situs, ketika itu juga lah layanan ini bisa mengubah data yang dibutuhkan untuk menghadirkan tampilannya di browser-mu. Data tersebut bisa berupa IP address yang kamu miliki. Dengan demikian, situs tersebut tidak tahu alamat IP asli yang kamu gunakan.

Baca juga:Mengenal VPN dan Kegunaannya

Semua jenis proxy yang perlu Anda ketahui

Setelah tahu cara kerja dan dari proxy dan server proxy, kini saatnya mengetahui jenis-jenis proxy yang ada. Hal ini penting supaya kamu tidak salah pilih layanan dan menyesal di kemudian hari. Oleh karena itu, simak saja macam-macam proxy di bawah ini.

1.Lanjutkan proksi

Proxy yang satu ini biasanya digunakan dalam sebuah grup kerja. Adanya forward proxy memungkinkan kamu untuk membatasi koneksi keluar jaringan internalmu. Ketika ada request untuk mengakses situs tertentu, server proxy akan menganalisa seberapa perlu untuk menyambungkan koneksi. Bila tidak dirasa penting, koneksi akan diabaikan.

2. Proksi transparan

Seperti namanya, proxy ini transparan dan akan meneruskan alamat IP kamu ketika tengah mengakses sebuah situs. Kebanyakan layanan ini dipakai untuk melakukan filter terhadap isi konten yang akan diakses.

3. Proksi anonim

Saat meminta respons dari situs tertentu, anonymous proxy akan mengenalkan dirinya sebagai proxy. Akan tetapi, layanan ini akan menyembunyikan alamat IP asli yang kamu gunakan, sehingga sangat aman untuk dipakai.

4. Mendistorsi proxy

Layanan proxy yang ini sebenarnya hampir sama dengan anonymous proxy. Hanya saja, proxy ini bisa memalsukan alamat IP yang kamu gunakan. Biasanya distorting proxy digunakan untuk mengakses situs-situs tertentu yang diblokir oleh pemerintah.

5. Proksi anonimitas tinggi

Sementara high anonymity proxy adalah layanan dengan pengubahan alamat IP secara berkala. Jadi, IP address serta proxy yang kamu gunakan tidak akan terbaca oleh server situs manapun. Proxy jenis ini merupakan yang paling aman untuk digunakan dalam mengakses internet.

BACA JUGA  5 Keunggulan Kota Surabaya Untuk Dijadikan Sebagai Pusat Bisnis

Baca juga:5 Layanan VPN Terbaik untuk Android

Perlunya penggunaan proxy

Mengapa kamu perlu menggunakan proxy? Nah, berikut ini merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut.

1. Menyembunyikan alamat IP

Salah satu keuntungan dari penggunaan proxy adalah menyembunyikan alamat IP kamu. Hal ini karena IP address sama seperti alamat rumah yang menyediakan banyak informasi tentangmu. Jadi, lebih baik alamat IP-mu tidak diketahui, bukan?

2. Mengontrol penggunaan internet

Dengan menggunakan proxy kamu paling tidak bisa mengontrol penggunaan internetmu, baik di perusahaan ataupun di rumah. Dalam penggunaannya di rumah, layanan ini berfungsi memonitor aktivitas internet anak-anak yang dibawah umur. Sementara untuk di perusahaan bisa dipakai memblokir situs tertentu yang mungkin saja dibuka oleh karyawan.

3. Loading yang lebih cepat

Salah satu kelebihan dari proxy adalah kemampuannya untuk menyimpan cache. Oleh karena itu, kamu tidak perlu heran dengan cepatnya sebuah situs bisa diakses. Namun perlu diingat juga bahwa loading yang cepat ini hanya terjadi pada situs yang sering kamu kunjungi. Jadi tidak melulu koneksi ke situs cepat, terutama situs yang baru pertama kali dikunjungi.

4. Jaminan keamanan yang lebih baik

Kegunaan lain dari proxy yang perlu kamu tahu adalah adanya jaminan keamanan yang lebih baik. Dengan proxy kamu bisa menyelamatkan banyak hal, seperti akses ke situs dengan malware atau data transaksi keuangan.

Risiko menggunakan proxy yang perlu Anda ketahui

Proxy hadir dengan menawarkan berbagai keuntungan dalam penggunaannya. Akan tetapi, kamu juga perlu tahu apa saja yang menjadi potential threat saat menggunakannya, Untuk itu, berikut penjelasannya.

1. Layanan proxy gratis berisiko

Sebenarnya banyak layanan proxy yang gratis alias tidak memungut biaya. Namun, semua yang gratis tidak selalu aman. Begitu pula dengan proxy. Banyak dari penyedia layanan ini yang tidak memiliki enkrpsi atau backend hardware yang memadai. Oleh karena itu, bisa saja IP kamu bocor atau malah dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak-tidak.

BACA JUGA  OJK Luncurkan Aplikasi Informasi BPR Dan BPRS, Apa Gunanya?

2. Proxy gratis bikin koneksi lambat

Biasanya layanan proxy gratis tersedia karena dibuat oleh seseorang. Nah, orang tersebut ingin situsnya juga menghasilkan uang. Dengan demikian, situs yang dibuatnya dipenuhi dengan iklan yang justru memperlambat koneksimu.

3. Proxy tidak dienkripsi

Dalam penggunaan proxy perhatikan betul apakah koneksi telah terenkripsi atau tidak. Karena dalam beberapa kasus ada server proxy yang tidak terkenkripsi, sehingga semua data tentangmu bocor dan dapat diakses oleh orang lain.

Dengan penjelasan mengenai proxy di atas, semoga kamu bisa mengerti tentang cara kerja hingga jenis-jenisnya. Satu hal yang pasti, jangan gunakan proxy yang gratis kalau kamu ingin koneksimu selalu aman.

Jadi, sudah tahu apa itu proxy?