Tiktok  

TikTok Bakal Tahu Alasan Kenapa Video Masuk FYP

Sama seperti media sosial lainnya, TikTok menggunakan suatu formula alias algoritma untuk membuat halaman linimasa (feed), atau yang biasa disebut “For Your Page” (FYP) yang relevan dengan minat pengguna.

Selama ini, algoritma TikTok akan menampilkan video-video yang sesuai dengan kegiatan pengguna di dalam aplikasi. Namun, sebagian besar pengguna tidak tahu mengapa video tersebut muncul di FYP.

Kini, hal tersebut bakal berubah. Pasalnya, TikTok pekan ini meluncurkan suatu fitur yang bakal menginformasikan pengguna mengapa suatu video bisa masuk ke dalam FYP.

Menurut TikTok, fitur ini diluncurkan untuk meningkatkan transparansi pemuatan konten di halaman FYP pengguna. Seperti diketahui, konten-konten video yang dilihat di halaman FYP memang berbeda-beda setiap pengguna.

Nantinya, fitur yang bisa melihat alasan mengapa suatu video masuk FYP ini bisa ditemui di tombol “Share”. Setelah itu, pengguna bisa mengeklik ikon yang menyerupai tanda tanya dengan label “Why this video”.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disuguhkan dengan sebuah jendela yang memberi tahu mereka kenapa video yang mereka lihat bisa masuk ke FYP.

TikTok Ilustrasi fitur TikTok yang bisa menjelaskan mengapa video bisa masuk FYP.

Pada gambar di atas, misalnya, video kucing tersebut bisa muncul di FYP karena memang sedang populer di negara pengguna. Selain itu, pengguna juga terpantau mengikuti akun yang mengunggah video tersebut, yaitu akun bernama “Hanna”.

Selain dua alasan tersebut, pengguna juga cenderung melihat dua alasan lain mengapa sebuah video masuk ke halaman FYP mereka.

Kedua alasan tersebut mencakup karena video FYP merupakan video baru yang diunggah di sekitar area pengguna, atau karena video tersebut merupakan jenis konten serupa yang sering ditonton, disukai, atau dikomentari pengguna.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Fitur Transisi di TikTok

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TikTokNewsroom, Jumat (23/12/2022), fitur ini sudah tersedia dan bakal digelontorkan secara bertahap di pasar global mulai hari ini.

Artinya, pengguna bisa saja sudah menemukan menu “Why this video” tadi, bisa juga tidak. Bagi yang belum menemukan fitur ini, mereka tampaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur baru TikTok biasanya memang bisa dijajal pengguna secara bertahap.

Namun selagi menunggu, ada baiknya untuk memperbarui aplikasi TikTok ke versi teranyar di toko aplikasi smartphone masing-masing. Pasalnya, fitur-fitur baru biasanya bakal disematkan di aplikasi TikTok versi terbaru pula.

Red more