News  

Apakah Hewan Peliharaan Butuh Olahraga Seperti Manusia?

Manusia membutuhkan olahraga salah satunya untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Tapi bagaimanakah dengan hewan, apakah mereka juga membutuhkan olahraga seperti manusia?

Jika lebih diperhatikan lagi, hewan cenderung memiliki banyak waktu santai tanpa aktivitas dibandingkan dengan saat mereka bergerak. Bahkan untuk beberapa hewan seperti jenis kucing, banyak menghabiskan waktu tidak tertidur.

Melansir laman Wonderopolis, ternyata hewan peliharaan yang kurang bergerak atau berolahraga juga dapat menghadapi masalah kesehatan.

Mereka juga bisa menjadi gemuk dan bergumul dengan masalah seperti penyakit di jantung, dan masalah pernapasan.

Oleh karena itu, pemilik hewan perlu memastikan bahwa hewan peliharaannya telah cukup untuk bergerak atau beraktivitas sesuai dengan jenis hewannya.

Selain manfaat kesehatan, ada lebih banyak alasan mengapa hewan peliharaan membutuhkan olahraga.

Salah satunya adalah untuk membantu mereka membakar energi. Sehingga bisa memudahkan para hewan untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Olahraga juga dapat merangsang otak hewan peliharaan. Itu sebabnya banyak hewan suka bermain seperti mengejar bola dan berlarian. Permainan adalah latihan untuk tubuh dan otak mereka.

Tentu saja, beberapa hewan peliharaan, seperti kucing, mungkin tidak mudah diajak berjalan-jalan atau berlari untuk berolahraga.

Tapi tetap hewan peliharaan ini masih membutuhkan olahraga. Mulailah dengan cara sederhana seperti permainan kejar-kejaran dan alat yang bisa menarik hewan kucing untuk bergerak.

Catatan, jika memiliki hewan peliharaan yang lebih tua, disarankan untuk tidak mendorongnya terlalu keras. Sama seperti manusia, hewan peliharaan yang lebih tua tidak selalu bisa berolahraga sekuat yang lebih muda.

Nah, untuk bisa memastikan seberapa porsi olahraga hewan, perlu memahami setiap kondisi jenis hewan secara rinci.

Hal ini akan menjadi lebih baik jika pemilik hewan juga berbicara dengan dokter hewan terdekat. Pemilik bisa menanyakan kepada dokter tentang seberapa banyak dan jenis olahraga apa yang dibutuhkan hewan peliharaan.

BACA JUGA  Tips Bersiap Hadapi Gejolak Ekonomi dan Inflasi Tinggi

Red more