Health

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan Health

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan. Apa kalian menyadarinya ?

Jika kamu menderita masalah pada sistem pencernaan, mulai dari konstipasi hingga sekadar mengalami nyeri yang ringan, kamu gak sendirian. Memang benar bahwa pada dasarnya setiap elemen kehidupan kita dapat memengaruhi sistem pencernaan.

Gak mengherankan makan adalah kebiasaan nomor satu yang penting untuk diperhatikan, dari apa yang kamu makan, hingga bagaimana kamu memakannya.

1. Kebiasaan meminum obat penghilang rasa sakit

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

Obat penghilang mungkin tidak terlalu baik untuk perut. Meskipun meminumnya setiap kali sakit mungkin tampak seperti hal yang tepat untuk dilakukan, namun terlalu banyak  sebenarnya dapat merusak kesehatan usus.

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asam

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

Makanan asam menyebabkan banyak masalah kesehatan, sebagian besar adalah gastrointestinal, mencakup hal-hal seperti refluks asam, bisul, mulas dan radang selaput perut. Perbaikan yang baik adalah menambahkan lebih banyak makanan seperti buah-buahan dan sayuran, yang tidak menyebabkan asam lambung meningkat.

3. Tidak memberi diri cukup waktu untuk mencerna

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

Cara makan adalah hal yang penting. Ada baiknya memperlambat, menikmati, dan benar-benar mengunyah makanan itu. Ini dapat membantu meredakan beberapa masalah pencernaan yang mungkin terjadi akibat makan terlalu cepat.

4. Mengunyah permen karet

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

Meskipun kedengarannya aneh, mengunyah permen karet dapat menyebabkan gangguan internal di usus. Kebiasaan yang tampaknya tidak salah ini mungkin adalah penyebab perut kembung dan gas gak terkendali.

5. Menahan untuk buang air

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

Mengabaikan keinginan tubuh untuk buang air besar adalah hal terburuk untuk usus. Menahannya untuk alasan apa pun dapat mengakibatkan sembelit dan masalah tidak menyenangkan lainnya yang pasti ingin kamu hindari.

6. Terlalu banyak makan

6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

Meskipun makan sesuatu yang lezat adalah yang terbaik, ketika kamu hanya sedikit melewati titik kenyang, itu tidak begitu menyenangkan. Jika kamu pernah mengalami kembung atau sakit perut setelah makan, kamu mungkin makan terlalu banyak dan seperti halnya makan cepat, itu membuat banyak tekanan pada sistem pencernaan jika hal itu biasa terjadi.

Apakah kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas? Kalau iya, jangan heran kalau pencernaanmu gak sehat.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close