News

Jadwal Berubah, 6 Pemberangkatan Haji Embarkasi Makassar Bergeser News

Jadwal Berubah, 6 Pemberangkatan Haji Embarkasi Makassar Bergeser. Embarkasi Makassar berangkatkan 18 ribu lebih jemaah

Makassar – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar mengumumkan perubahan jadwal pemberangkatan kelompok terbang ke Arab Saudi. Pada jadwal baru, setidaknya ada enam agenda keberangkatan yang akan lebih lambat maupun lebih cepat, dibandingkan rencana awal.

Berdasarkan data yang diterima , perubahan jadwal berlaku untuk penerbangan pada 21 Juli hingga 4 Agustus 2019. Perubahan juga terjadi pada jadwal kloter masuk ke Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Berdasarkan surat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kementerian Agama), terdapat perubahan slot time dari General Authority of Civil Aviation di Jeddah,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel Anwar Abubakar di Makassar, Minggu (21/7).

1. Kloter 19 terlambat sekitar lima jam

Jadwal Berubah, 6 Pemberangkatan Haji Embarkasi Makassar Bergeser

Perubahan jadwal pemberangkatan mulai terjadi pada kloter 19 Embarkasi Makassar. Jemaah calon haji pada rombongan ini sedianya berangkat ke Jeddah, Saudi Arabia, pada Minggu (21/7) pukul 14.10 Wita. Namun karena ada perubahan jadwal, penerbangan dijadwalkan ulang pada hari yang sama pukul 19.35 Wita.

Kloter 20 akan tetap berangkat sesuai jadwal, pada Senin (22/7) pukul 6.00 Wita. Namun mereka akan sedikit lebih terlambat masuk asrama, karena menunggu kloter sebelumnya keluar. Diketahui, Asrama Haji Sudiang hanya mampu menampung tiga kloter sekaligus, dengan estimasi 1.500 jemaah.

2. Perubahan jadwal berlaku hingga kloter akhir

Jadwal Berubah, 6 Pemberangkatan Haji Embarkasi Makassar Bergeser

Selain kloter 19 yang berangkat Minggu (21/7), ada lima jadwal pemberangkatan lain ke Tanah Suci yang harus berubah. Perubahan jadwal tidak terjadi secara berturut-turut, dan hampir semua berlaku pada akhir-akhir kloter.

Perubahan jadwal pemberangkatan, antara lain pada Kloter 35, dari Kamis (1/8) pukul 21.00 Wita menjadi 20.30 Wita. Kloter 37 pada Sabtu (3/8) pukul 2.05 Wita menjadi Sabtu (3/8) pukul 15.50 Wita. Lalu Kloter 38, jadwal awal Sabtu (3/8) pukul 15.50 Wita, menjadi Minggu (4/8) pukul 6.20 Wita.

Selanjutnya, Kloter 39 pada 4 Agustus, mundur dari pukul 7.20 Wita menjadi 21.00 Wita. Lalu, Kloter 40 dengan jadwal pemberangkatan 5 Agustus, maju dari pukul 13.05 Wita menjadi 11.45 Wita. 

3. Hampir separuh jemaah Embarkasi Makassar sudah berada di Saudi Arabia

Jadwal Berubah, 6 Pemberangkatan Haji Embarkasi Makassar Bergeser

PPIH Embarkasi Makassar pada tahun ini memberangkatkan 18 ribu lebih jemaah calon haji, yang terbagi dalam 40 kloter. Jemaah berasal dari Sulsel, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Hingga Kamis (18/7), telah diberangkatkan 18 kloter dengan total 8.156 jemaah. Di antara mereka terdapat 90 petugas pendamping. “Ada lima orang pendamping di setiap kloter,” kata Anwar.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close