Ekonomi

Presiden Jokowi menyukai produk ini dari Kalimantan Tengah Ekonomi

Presiden Jokowi menyukai produk ini dari Kalimantan Tengah. Topi berbahan rotan karya UMKM Kalteng yang dipajang di both BI Kalteng saat ajang Karya kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta, langsung diambil dan dipakai Presiden Jokowi

Palangka Raya – Kepala Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah Wuryanto membenarkan Presiden Joko Widodo, sangat tertarik dan menyukai produk-produk berbahan rotan yang dihasilkan usaha mikro kecil menengah provinsi ini.

"Topi berbahan rotan karya UMKM Kalteng yang dipajang di both BI Kalteng saat ajang Karya kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta, langsung diambil dan dipakai Presiden Jokowi," kata Wuryanto saat dihubungi dari Palangka Raya, Rabu.

Ketertarikan Presiden Jokowi terhadap produk UMKM khas provinsi ini tersebut juga terlihat dari pesan yang disampaikan kepada BI Kalteng. Di mana Jokowi berpesan agar terus meningkatkan kualitas rotan yang merupakan produk unggulan dan khas Kalteng, sehingga mampu menembus pasar ekspor.

Wuryanto mengatakan presiden juga menginginkan agar produk UMKM Kalteng, dapat dipasarkan dengan menggunakan e-commerce atau perdagangan elektronik. Dengan begitu, konsumen produk UMKM Kalteng menyentuk ke seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

"Beliau juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BI, karena tidak henti-hentinya membina UMKM di seluruh Indonesia, termasuk Kalteng, sehingga bisa memasarkan prosuknya secara digital dan ekspor," kata dia.

KKI merupakan ajang promosi seluruh UMKM unggulan Binaan BI se-Indonesia, dan digelar secara rutin setiap tahun. BI Perwakilan Kalteng dalam ajang KKI 2019, membawa dan mengajak lima UMKM binaannya. Adapun lima UMKM binaan yang diajak tersebut yakni, pelaku kerajinan batu, kerajinan rotan, kain batik, lukisan etnik khas kalteng, dan makanan khas Kalteng.

Wuryanto pun bersyukur dan senang Presiden Jokowi saat pembukaan KKI tersebut, ada mengunjungi both BI Kalteng. Sebab, kunjungan orang nomor satu di Indonesia itu tidak di seluruh both yang diikutsertakan dalam KKI tersebut.

"Kunjungan itu juga memberikan semangat kepada UMKM Kalteng untuk terus meningkatkan kualitas produknya dan jangkauan pemasaran hingga ke luar negeri," ucapnya.

Kepala BI Kalteng itu pun menegaskan bahwa pihaknya tetap dan akan terus berkomitmen untuk selalu membina serta mengawal UMKM di provinsi ini. BI Kalteng menginginkan UMKM di provinsi ini bisa bersaing hingga ke level global.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close