Life

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini Life

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini. Lebih bagus pakai sabun atau tidak, ya?

Bagi kaum hawa, menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim sangat penting untuk dilakukan. Gak hanya berfungsi sebagai organ reproduksi, kondisi vagina bisa dijadikan parameter kesehatan seorang wanita.

Sayangnya, masih banyak wanita yang belum paham cara membersihkan vagina dengan baik dan benar. Untuk kondisi tertentu, membersihkan vagina gak cukup pakai air saja, lho. Bagian yang dibasuh pun gak cuma luarnya saja.

Mari cermati lima langkah membersihkan vagina yang direkomendasikan para pakar kesehatan. Sambil dicek, yuk sudahkah kamu membersihkan vagina dengan benar selama ini?

1. Basuh dari depan ke belakang

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini

Letak vagina yang sangat dekat dengan anus bisa memicu perpindahan kuman dan bakteri jika gak dibersihkan dengan benar. Basuh vagina dari depan ke belakang, gerakan ini dilakukan untuk menghindari kuman dari lubang anus terbawa ke depan.

2. Disarankan menggunakan air mengalir

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, disarankan membersihkan vagina menggunakan air mengalir. Hal ini memang agak sulit diwujudkan secara merata di Indonesia, mengingat beberapa wilayah masih kekurangan pasokan air bersih.

Air yang mengalir lebih efektif menyapu kotoran, kuman, dan bakteri. Jika sulit menyediakan air yang mengalir untuk membersihkan vagina, cukup patuhi gerakannya yaitu dari depan ke belakang.

3. Gunakan sabun atau cairan pembersih khusus vagina secukupnya

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini

Ada yang sering menggunakan cairan pembersih kewanitaan? Menurut dr. Jennifer Gunter, seorang ginekolog asal Kanada, organ intim wanita sesungguhnya gak butuh sabun atau cairan pembersih khusus.

Vagina memiliki sistem kebersihannya sendiri, termasuk mengatur kestabilan pH dan jumlah bakteri di dalamnya. Maka dari itu, gunakan cairan pembersih kewanitaan secukupnya saja.

Misalnya pada saat menstruasi, untuk mengurangi aroma gak sedap dan membersihkan lebih optimal. Disarankan juga untuk membasuh dengan air hangat saat menggunakan cairan pembersih kewanitaan.

4. Awas, jangan sampai cairan pembersih masuk ke dalam vagina

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini

Penting untuk diketahui, nih jika ingin menggunakan sabun khusus kewanitaan. Hindari membasuh area sekitar lubang vagina, agar cairan pembersih atau sabun gak masuk ke dalam.

Tuang cairan pembersih ke telapak tangan lalu gosok-gosok sebentar, baru setelah itu diusapkan ke bagian luar vagina. Begitu juga untuk sabun khusus kewanitaan yang berbentuk batang. Hindari melakukan kontak langsung antara sabun dengan vagina.

5. Bagian dalam vulva juga harus dibersihkan, lho

Yakin Sudah Bersihkan Vagina dengan Benar? Cermati 5 Langkah Ini

Sejauh mana kamu sebagai wanita mengenal penampang organ intimmu? Kata ‘vagina’ sebenarnya merujuk ke bagian dalam organ intim wanita, mulai dari lubang senggama hingga saluran sel telur.

Bagian yang selama ini bisa kita sentuh dengan mudah adalah vulva. Vulva adalah bagian terluar dari vagina yang terdiri dari labia luar dan dalam (bibir vagina), klitoris, serta kap klitoris (clitoral hood).

Para pakar kesehatan di American College of Obstetricians and Gynecologists menjelaskan bahwa vagina bisa membersihkan dirinya sendiri, namun vulva tidak. Untuk itu, yang perlu kita bersihkan adalah bagian dalam dan luar vulva.

Saat membasuh organ intim, lebarkan kedua belah bibir vagina menggunakan jari. Lalu basuh bagian dalamnya dengan air mengalir atau kucurkan dari atas ke bawah.

Lima langkah di atas adalah cara membersihkan vagina dengan baik dan benar yang direkomendasikan para pakar kesehatan. Hayo, nomor berapa, nih yang masih belum kamu lakukan?

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close