Economy

Perang Dagang AS-China Bikin Investasi Asing Masuk ke RI Economy

Perang Dagang AS-China Bikin Investasi Asing Masuk ke RI . Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China akan berdampak positif pada masuknya investasi asing langsung.

JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan bahwa perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China akan berdampak positif pada masuknya investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) ke Indonesia.

“Menurut saya justru positif. Karena memang semakin jelas bahwa dengan perang dagang AS dengan China banyak sekali industri mau merelokasi pabriknya dari China ke kawasan lain salah satunya Indonesia,” ujar dia di Gedung BKPM Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Namun, tutur dia, untuk penanaman modal asing (PMA), dampak dari perang dagang saat ini dapat dirasakan melaui pasar uang dan pasar modal. Dengan mengetatnya likuiditas dolar dengan mengetatnya kondisi likuiditas di pasar.

“Karena investor cenderung menarik dananya dan diparkir ke dalam pasarnya ke dalam aset aman yang namanya save haven. Seperti obligasi AS dolar, sehingga dolar menjadi mahal dan menjadi langka. Jadi sementara ini dampak utama kepada sektor investasi dari perang dagang mungkin melalui dampak negatif dari kondisi pasar uang dan likuiditas di keuangan dan peruangan regional dan tentunya nasional,” pungkas dia.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close