Ekonomi

Harga kambing mulai naik jelang Idul Adha Ekonomi

Harga kambing mulai naik jelang Idul Adha. Kenaikannya sekitar Rp200.000/ekor, yang biasanya harga Rp1,5 juta naik jadi Rp1,7 juta. Sedangkan yang biasanya harga Rp1,7 juta naik jadi Rp1,9 juta

Solo – Harga kambing di Kota Solo mulai naik jelang perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban yang jatuh pada 11 Agustus .

"Kenaikannya sekitar Rp/ekor, yang biasanya harga Rp1,5 juta naik jadi Rp1,7 juta. Sedangkan yang biasanya harga Rp1,7 juta naik jadi Rp1,9 juta," kata salah seorang pedagang kambing, Romli di Pasar Semanggi Solo, Sabtu.

Ia mengatakan kenaikan sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Menurut dia, harga akan kembali normal ketika mendekati Hari Raya Idul Adha. 

Untuk asal kambing, dikatakannya, kebanyakan berasal dari Jawa Timur, di antaranya Ngawi dan Pacitan.

"Ada juga yang dari Wonogiri. Harganya makin ke timur makin murah. Kalau di Solo kan hanya jadi tempat transaksi," katanya.

Sementara itu, salah seorang staf Pasar Hewan Semanggi Tri Budianta mengatakan jenis kambing yang banyak dicari pembeli di antaranya gibas, gembel, dan kambing Jawa.

"Tetapi memang paling banyak kambing Jawa karena sudah membudaya. Harganya cukup mahal, untuk pejantan yang siap sembelih harganya sampai Rp3 juta/ekor," katanya.

Ia mengatakan jelang Idul Adha dalam satu hari jumlah kambing yang terjual bisa sampai ekor/hari. Menurut dia, angka ini masih akan meningkat saat mendekati Hari Raya Kurban.

"Dalam satu hari bisa sampai ekor yang terjual. Pembelinya dari dalam dan luar kota," katanya. 

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close