Otomotif

Honda RC213V-S, Moge Jalanan Rasa MotoGP Otomotif

Honda RC213V-S, Moge Jalanan Rasa MotoGP. Honda RC213V-S, motor versi jalan raya tunggangan Marc Marquez.

JAKARTA, News – Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif.News.

Pada pekan ke-13 ini, awak redaksi menghadirkan motor ikonik Honda RC213V-S. Motor yang sering disebut sebagai motor sport versi jalan raya tunggangan Marc Marquez dari tim Repsol Honda di MotoGP.

 Selain Sedan, BMW Juga Punya SUV Anti-Peluru

Karena diciptakan untuk pemakaian jalan raya, Honda RC213V-S dilengkapi segala perlengkapan agar legal dipakai sehari hari, mulai dari lampu depan, sein, rem, spion, dudukan pelat nomor, knalpot berkatalis, dan standar samping.

Mesinnya juga berbeda dengan versi MotoGP. Bagian klep atau valve system Honda RC213V-S menggunakan per, sedangkan motor Marquez pakai pneumatic valve. Girboksnya juga masih konvensional, sedangkan yang versi MotoGP sudah seamless.

Honda RC213V-S mengusung mesin berkapasitas 999 cc, DOHC konfigurasi V4, 4-tak, DOHC berpendingin cairan. Di pasar global (Eropa), motor ini punya dua varian yakni tipe standar Honda RC213V-S dan Honda RC213V-S Sport Kit yang lebih bertenaga.

 Akhir Perjalanan VW Kodok

RC213V-S mampu menghasilkan 159 PS pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm. Sedangkan varian RC213V-S Sports Kit menghasilkan 215 PS pada 13.000 rpm dan torsi 118 Nm pada 10.500 rpm, atau hanya selisih 80 tk dari motor Marquez di MotoGP.

Di Indonesia, Honda RC213V-S dijual untuk umum dengan patokan harga Rp 7 miliar. Disebut hanya patokan karena pada dasarnya tidak ada kepastian, artinya harganya bisa lebih dari itu atau justru turun.

Sadar banderolnya mahal padahal yang penasaran sangat banyak, Astra Honda Motor (AHM) berusaha memfasilitasi konsumen dan komunitas untuk menjajal Honda RC213V-S di sirkuit. Supaya punya sensasi pernah membawa motor ala MotoGP.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close