News

Canda Eks Dubes RI di Brasil: Dulu Mereka Impor Pastor dari Indonesia News

Canda Eks Dubes RI di Brasil: Dulu Mereka Impor Pastor dari Indonesia. Kini kita mau belajar pemindahan ibu kota kepada Brasil

Jakarta – Ibu Kota Brasil, Brasilia jadi salah satu percontohan bagi Indonesia dalam rencananya melakukan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Brasilia dianggap memiliki budaya dan kemajuan yang pesat dari sebuah percontohan pemindahan ibu kota.

Duta Besar LBPP Indonesia untuk Brasil periode 2010-2015, Sudaryomo Hartosudarmo mengenang waktunya semasa mengemban tugas di Negeri Samba tersebut.

1. Orang Brasilia paling ramah di dunia

Canda Eks Dubes RI di Brasil: Dulu Mereka Impor Pastor dari Indonesia

Lima tahun tinggal di Brasil, khususnya Brasilia, membuat Sudaryomo sering berinteraksi dengan warga setempat. Menurutnya, Brasilia merupakan salah satu masyarakat paling ramah di dunia.

“Mereka gak rasis. Kalau tetangga di wilayah utara itu sangat rasis,” ujarnya di Jakarta, Rabu (10/7).

2. Brasil impor pastor dari Indonesia

Canda Eks Dubes RI di Brasil: Dulu Mereka Impor Pastor dari Indonesia

Sifat masyarakat Brasilia ramah dan tidak rasis. Mereka yang mayoritas beragama katolik, cukup rajin beribadah. Hal itu membuat mereka membutuhkan banyak pastor. Bahkan, Brasilia harus impor pastur dari Indonesia. “Saya sering bercanda kok impor pastur dari kita yang mayoritas islam,” ucapnya seraya tersenyum.

“Itu yang tidak dirasakan diplomat saya di negara lain seperti di Argentina dan lain,” tambahnya.

3. Ibu kota baru butuh waktu untuk berkembang

Canda Eks Dubes RI di Brasil: Dulu Mereka Impor Pastor dari Indonesia

Sementara itu Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa apa yang dilakukan Brasilia hingga saat ini butuh waktu yang lama. Oleh karena itu, diharapkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan bisa dipahami bukan sebagai sesuatu yang instan.

“Memang butuh waktu lama untuk jadi kota besar. Kita membangun kota baru memindahkan pusat pemerintahan. Justru kita ingin membangun ibu kota dengan penekanan sebagai pusat pemerintahan,” ungkapnya.

4. Brasilia percontohan yang baik dalam pemindahan ibu kota

Canda Eks Dubes RI di Brasil: Dulu Mereka Impor Pastor dari Indonesia

Bambang juga menegaskan jika Brasilia menjadi salah satu percontohan yang baik dalam pemindahan ibu kota. Sebab, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di kota tersebut mampu mengurangi ketimpangan yang terjadi di wilayah Brasil.

“Brasilia saat ini tidak hanya jadi pusat pemerintahan tapi juga pusat kegiatan ekonomi di sekitarnya. Walau wilayah dekat amazon masih teritnggal tapi sudah bisa dikurangi. Menghilangkan ketimpangan total itu mungkin tidak bisa, tapi paling tidak bisa mengurangi ketimpangan itu,” tandasnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close