Ekonomi

Jasa Marga bongkar puluhan lapak liar di akses keluar tol Surabaya Ekonomi

Jasa Marga bongkar puluhan lapak liar di akses keluar tol Surabaya. Setelah melakukan pembongkaran Jasa Marga Cabang Surgem akan melakukan pemagaran dan penghijauan serta terus memonitor perkembangan lapak liar di GT Banyu Urip

Surabaya – Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol (Surgem) membongkar sedikitnya 27 lapak liar di akses keluar Gerbang Tol (GT) Banyu Urip Jalan Tol Surabaya-Gempol pada Km 5+600, tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol di wilayah setempat.

Operation Department Head Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol, Amat Basuni kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan sebelumnya di awal tahun 2018 lapak liar ini telah dibongkar, namun sekitar bulan September 2018 mulai dibangun lagi oleh pelapak.

"Sehingga di akhir tahun kemarin kami langsung mitigasi pembangunan lapak liar permanen dengan melakukan koordinasi kepada pihak terkait, termasuk pada pemilik lapak," katanya.

Ia mengatakan, pembongkaran dilakukan berdasarkan beberapa peraturan pemerintah, salah satunya Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.
"Jasa Marga telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Pemkot Surabaya dan jajaran Kepolisian sejak akhir tahun 2018. Kami juga intens melakukan komunikasi persuasif kepada para pemilik lapak," tuturnya.

Pertemuan itu dilakukan sebanyak dua kali tatap muka dan peringatan secara tertulis sebanyak tiga kali, serta sosialisasi dalam bentuk lainnya.

Sementara itu, setelah melakukan pembongkaran Jasa Marga Cabang Surgem akan melakukan pemagaran dan penghijauan serta terus memonitor perkembangan lapak liar di GT Banyu Urip.

Sementara itu, pembongkaran dilakukan dengan kerja sama Pemerintah Kota Surabaya, Polrestabes Surabaya, Polsek Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Surabaya.

Operasi penertiban lapak liar dipimpin langsung Kapolsek Sukomanunggal Kompol Mulyono, dan dilakukan dengan pengamanan yang berjarak 8 meter dari Off Ramp GT Banyu Urip.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close