News  

5 Keunggulan Kota Surabaya Untuk Dijadikan Sebagai Pusat Bisnis

5 Keunggulan Kota Surabaya Untuk Dijadikan Sebagai Pusat Bisnis

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Itu sebabnya, kota ini dianggap sebagai gerbang bisnis bagi banyak perusahaan yang ingin memulai investasi mereka. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan ibu kota besar seperti Jakarta, memulai pusat bisnis di Surabaya dapat membantu mengurangi modal awal yang Anda butuhkan karena sumber daya dan biaya hidup yang relatif rendah. Selain itu karena proses birokasi yang semakin efisien, Anda juga akan lebih mudah untuk mengurus perijinan usaha dan dokumen legal lainnya.

Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai investasi bisnis di Surabaya, berikut ini adalah beberapa keunggulan menjadikan kota tersebut sebagai pusat bisnis perusahaan Anda.

  1. Lokasi Strategis

Surabaya adalah pintu gerbang ke wilayah timur. Dengan koneksi laut dan udara yang dimilikinya, ini menjadikan Surabaya sebagai lokasi strategis yang dapat memberikan akses ke interior pulau Jawa. Terlebih lagi, kedekatannya dengan jalur perdagangan utama antara laut Jawa, samudra Hindia, kepulauan Maluku, dan selat Malaka menjadikan Surabaya sebagai lokasi ideal yang cocok dijadikan sebagai pusat bisnis.

Banyak jasa import door to door dari China ke Indonesia yang memanfaatkan kemudahan akses laut dan udara yang dimiliki Surabaya, ketimbang langsung menuju ke Jakarta.

  1. Kota Wisata Terbaik

Berkat komitmen, kinerja, dan inovasi yang kuat dalam mengembangkan kawasan wisata, Surbaya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Kota Wisata Terbaik dalam ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award. Hal ini juga tentunya menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Surabaya, sehingga pada tahun 2018 silam terjadi lonjakan permohonan izin usaha yang masuk. Sebagian besar investasi tersebut berasal dari China, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Arab Saudi.

  1. Pertumbuhan Ekonomi Kuat
BACA JUGA  5 Jenis Limbah yang Sering Dihasilkan dari Proses Industri

Pada tahun 2017, Produk Domestik Regional Bruto (PRDB) Jawa Timur tercatat sebesar Rp 1.482,15 triliun, yang mana sebanyak 24,61% berasal dari Surabaya. Sementara, di periode yang sama juga terjadi peningkatan perekonomian sebesar 6,13% secara tahunan. Jumlah ini lebih cepat dari pada pertumbuhan Jawa Timur yang hanya sebesar 5,45% dan nasional sebesar 5,07%. Berkat pencapaian ini, Surabaya dianggap sebagai salah satu kota maju dan makmur dengan jumlah persentase kelompok menengah yang cukup tinggi dan kenaikan level konsumsi pada masyarakatnya.

  1. Infrastruktur yang Berkembang

Demi menarik lebih banyak investor ke Surabaya, pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk mengembangkan infrastruktur kota dan zonasi wilayah guna memperluas peluang investasi. Dengan infrastruktur yang lebih memadai dan letak kota yang tertata, hal tersebut pada akhirnya dapat membantu mempermudah pergerakan bisnis dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

  1. Perizinan Mudah

Surabaya Single Window (SSW) merupakan layanan pengurusan perizinan online yang dibentuk oleh pemerintah Surabaya dalam rangka mempermudah proses perizinan usaha. Dengan adanya layanan tersebut, tentunya proses pembuatan izin usaha yang diajukan oleh para pelaku bisnis pun dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan mudah.

Bahkan pada tahun 2020, pemerintah juga telah memangkas proses perizinan usaha bagi pemilik warung kopi atau kedai kafe, sehingga mereka bisa mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) hanya dalam waktu satu jam saja.

Sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan lokasi yang strategis, Surabaya menawarkan banyak keunggulan untuk dijadikan sebagai pusat bisnis Anda. Cari tempat wisata kuliner, lifestyle, tempat hiburan, café hingga toko bunga Surabaya, semua bisa dengan mudah Anda temukan, tidak kalah dengan ibukota Jakarta.

BACA JUGA  Bocoran Performa Samsung Galaxy Z Fold 4 Semakin Garang

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, ibu kota Jawa Timur ini telah berhasil menarik banyak investor dari berbagai belahan dunia untuk menanamkan modalnya. Itulah sebabnya, jika Anda merasa tertarik untuk memulai investasi bisnis, maka Surabaya adalah pilihan kota ideal yang sangat layak untuk dipertimbangkan.