Health

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh! Health

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!. Jangan sampai tua sebelum waktunya ya…

Pikun atau mudah lupa di usia muda rasanya memang menyebalkan. Oleh karena itu, tidak selamanya pertambahan usia tidak berkaitan erat dengan melemahnya pikiran dalam mengingat memori.

Sebab, kerusakan fungsi otak dalam mengingat juga dapat terjadi akibat pola makan yang buruk dan kurangnya latihan otak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa latihan otak yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat otak agar tidak mudah lupa. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Belajar sesuatu yang baru

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Melansir verywellmind.com, sebuah studi menemukan jika orang dewasa dapat mengalami peningkatan memori setelah mempelajari berbagai keterampilan  baru, seperti fotografi digital, memainkan alat musik, dan mempelajari bahasa baru. Hal ini tentu sangat bermanfaat jika dilakukan sejak dalam usia muda. Pasalnya, mempelajari keterampilan baru juga akan bermanfaat untuk mengembangkan diri agar lebih mudah diterima di dunia kerja.

2. Melakukan aktivitas dengan tangan yang berlawanan

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Dikutip verywellmind.com, ahli neurobiologi Lawrence Katz dalam bukunya berjudul Keep Your Brain Alive: 83 Neurobic Exercises to Help Prevent Memory Loss and Increase Mental Fitness, merekomendasikan untuk menggunakan tangan yang tidak dominan dalam melakukan aktivitas agar dapat memperkuat pikiran. Mungkin hal tersebut terkesan remeh, akan tetapi menggunakan tangan yang berlawanan dapat meningkatkan aktivitas otak karena memberikan kesan tantangan baru bagi diri.

3. Memainkan permainan papan

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Salah satu cara sederhana yang mengasyikkan untuk memperkuat otak agar tidak mudah lupa adalah dengan bermain permainan papan yang melatih aktivitas otak, seperti catur. Selain itu, kamu juga bisa memainkan permainan lain seperti card game UNO, atau congklak. Untuk mendapatkan kesan yang lebih menyenangkan, ajaklah anak, cucu, atau teman kamu untuk bergabung dalam permainannya ya.

4. Menggambar peta wilayah tertentu

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Cobalah gambar peta kota atau daerah di mana kamu tinggal lengkap dengan navigasi jalan dan lingkungannya. Jika ingin lebih sederhana, kamu juga bisa mencoba untuk memvisualisasikan tatanan rumahmu, mulai dari setiap kamarnya, hingga setiap peralatan rumah yang ada di dalamnya. Memaksa otak untuk mengingat tata letak lingkungan serta menggambar nyatanya dapat membantu mengaktifkan berbagai fungsi yang terdapat di area otak.

5. Bermainan game memori online pada smartphone

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Selain bermain permainan tradisional yang dapat mengasah otak, kamu juga bisa bermain permainan memori modern yang terdapat dalam smartphone. Sebab, dilansir verywellmind.com, banyak orang yang setuju bahwa latihan otak yang terkomputerisasi dapat meningkatkan fleksibilitas memori, dan membuat kamu menjadi lebih tajam serta cerdas seiring bertambahnya usia. Jadi, jangan hanya smartphone mu untuk mengirim pesan dan berselancar di media sosial saja ya.

6. Mengerjakan teka-teki silang

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Mengerjakan teka-teki silang juga menjadi salah satu cara yang sederhana dan mudah dilakukan untuk memperkuat memori otak sehingga tidak mudah lupa. Meski terdengar kuno, teka-teki silang nyatanya membawa dampak yang cukup baik kepada otak. Sebab, melatih otak berpikir untuk menemukan jawaban dalam teka-teki silang dapat membuat otak kembali aktif dan mengembalikan fungsinya secara perlahan.

7. Meditasi

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!

Latihan otak yang satu ini mungkin terkesan aneh. Sebab, biasanya jika latihan otak menuntut kamu untuk berpikir, akan tetapi dalam latihan yang satu ini justru menuntut kamu untuk tenang dan rileks. Meditasi, khususnya yang bersifat midfulness merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas otak dan memperkuat memori.

Tidak hanya itu, menenangkan pikiran dengan meditasi juga akan membuat kamu terhindar dari stres dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu, meditasi bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin memperkuat otak dengan mudah dan nyaman.

Memasuki usia dewasa, kamu juga harus mempertimbangkan untuk melatih otak agar tidak mudah pikun. Tentunya, beberapa cara di atas dapat kamu coba sebagai pilihannya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close