Bola

Perempuan Arab Saudi Diizinkan Tonton Piala Super Spanyol di Stadion Bola

Perempuan Arab Saudi Diizinkan Tonton Piala Super Spanyol di Stadion. Federasi Sepak Bola Spanyol dan Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi sepakat memperbolehkan perempuan menonton Piala Super Spanyol 2020 di stadion.

News – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi telah mencapai kesepakatan baru soal Piala Super Spanyol 2020.

Dikutip dari situs web Marca, kesepakatan itu terkait dengan izin boleh tidaknya perempuan Arab Saudi menonton langsung Piala Super Spanyol di stadion.

Setelah perundingan cukup lama, akhirnya kedua organisasi tersebut memperbolehkan perempuan Arab Saudi atau negara lainnya masuk ke stadion.

Tidak hanya mendapat izin, kesepakatan itu juga membebaskan perempuan memilih kursi di stadion dan mengenakan pakaian apapun yang mereka kehendaki asal memiliki tiket.

Menurut Marca, kedua organisasi ini harus berunding karena RFEF khawatir dengan peraturan-peraturan yang dianut di Arab Saudi tentang perempuan.

La Liga Menentang Format Baru Copa del Rey dan Piala Super Spanyol

RFEF berasumsi budaya di Arab Saudi jauh berbeda dengan negara-negara di Eropa sehingga harus segera dirundingkan.

Sebenarnya, Pemerintah Arab Saudi sudah memperbolehkan perempuan masuk ke stadion untuk menonton sepak bola sejak Januari 2018 lalu.

Namun, dalam peraturan itu perempuan hanya diperbolehkan menonton dan menggunakan area atau fasilitas stadion yang sudah disiapkan secara khusus.

Untuk diketahui, format baru Piala Super Spanyol ini terjadi terjadi setelah RFEF dan Otoritas Olahraga Arab Saudi menandatangani kesepakatan kerja sama selama tiga tahun.

Kesepakatan ini juga mencakup kerja sama pengembangan sistem liga perempuan Arab Saudi.

RFEF memilih bekerja sama dengan Arab Saudi karena jarak penerbangan yang tidak jauh dari Spanyol sehingga para pemain bisa tetap bugar dan terhindar dari jetlag.

Arab Saudi sebelumnya sudah pernah menggelar Piala Super Italia antara Juventus vs AC Milan pada Januari 2019. Ketika itu, pertandingan dihelat di Jeddah.

Piala Super Spanyol Direncanakan di Arab Saudi 6 Tahun Berturut-turut

Piala Super Spanyol sendiri akan dihelat di Jeddah, Arab Saudi pada 8-12 Januari 2020. Akan ada tiga pertandingan yang melibatkan empat tim.

Empat tim tersebut adalah Barcelona sebagai juara Liga Spanyol, Valencia selaku kampiun Copa Del Rey, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Real Madrid dan Atletico Madrid turut menjadi peserta karena menjadi tim peringkat dua dan tiga Liga Spanyol musim lalu.

Pada umumnya, Piala Super Spanyol hanya diikuti oleh dua tim yakni juara Liga Spanyol melawan pemenang Copa Del Rey dengan format kandang tandang.

Format itu kemudian sedikit dimodifikasi menjadi satu leg dan digelar di luar negeri pada edisi 2018.

Piala Super Spanyol 2018 yang mempertemukan Barcelona versus Sevilla dimainkan di Maroko.

Kini, format kompetisi akan kembali berubah menjadi tiga laga yakni semifinal dan final.

Undian Piala Super Spanyol 2020 juga sudah dilakukan pada Senin (11/11/2019) dengan hasil Real Madrid melawan Valencia sementara Barcelona menghadapi Atletico Madrid.

Semua laga Piala Super Spanyol 2020 ini akan digelar di Stadion King Abdullah, Jeddah. Selama empat hari Piala Super Spanyol 2020, kompetisi La Liga akan diliburkan.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close