Economy

Persyaratan CPNS 2019 Diminta Tak Beratkan Pelamar Economy

Persyaratan CPNS 2019 Diminta Tak Beratkan Pelamar. Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta kepada setiap instansi tidak memberikan persyaratan yang berat.

JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta kepada setiap instansi tidak memberikan persyaratan yang berat kepada peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Meskipun memang persyaratan administrasi menjadi kebijakan dari masing-masing instansi.

Menurut Deputi bidang Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto, dirinya tak melarang kepada instansi untuk memberikan persyaratan khusus kepada calon peserta. Misalnya sebagai contoh, CPNS Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang harus memiliki keahlian berenang yang dianggap sangat lumrah untuk diberikan kepada calon peserta.

CPNS

Hanya saja untuk persyaratan administrasi seperti SKCK dari kepolisian hingga surat keterangan sehat dari dokter diusulkan untuk dikumpulkan belakangan ketika sudah lolos. Menurut Aris, hal tersebut juga dilakukan sesuai dengan himbauan dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Bima meminta agar persyaratan berkas pendaftaran hanya cukup 5-6 jenis saja.

Setelah sudah memastikan posisi apa dan di kementerian mana dia akan mendaftar, pelamar boleh langsung mengunggah beberapa dokumen. Misalnya adalah dokumen scan KTP dan juga pas foto. Pelamar harus bisa membedakan antara foto di KTP dan pas foto yang akan diunggah. Sehingga panitia bisa memastikan jika orang yang ada di foto tersebut adalah yang bersangkutan.

Mereka juga diminta untuk menvalidasi data dirinya dengan memastikan ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat. Selain itu, dokumen yang lainnya adalah ijazah yang sudah discan. Lalu disusul oleh Transkrip nilai untuk mengetahui jurusan dari sang pelamar, karena di dalam ijazah tidak ada dan tercantum jurusan.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close