Money

Kamu Freelancer? Simak Tips Ini Money

Kamu Freelancer? Simak Tips Ini. Kebebasan tersebut sering kali berujung pada pendapatan yang diterima ikut bebas. Alias tidap pernah pasti.

JAKARTA, News – Generasi milenial saat ini banyak sekali yang tertarik menjadi freelancer.

Pasalnya sebagai freelancer bisa memiliki waktu yang bebas dan tidak membosankan.

Namun konsekuensinya, kebebasan tersebut sering kali berujung pada pendapatan yang diterima ikut bebas. Alias tidap pernah pasti.

Oleh karena itu, freelancer harus bisa menjaga keuangan mereka. Sehingga manakala orderan sepi, kamu tetap bisa tersenyum.

Negara-negara Ini Cocok untuk Para Pekerja Freelancer

Berikut beberapa tips yang dirangkum News, agar keuangan kamu tetap terjaga.

1. Data Segala Kebutuhan

Bikin daftarsemua barang kebutuhan kamu mulai dari kebutuhan primer dan sekunder. Pilih mana yang harus dipenuhi secepatnya dan mana yang tidak. Dengan membuat list, kita bisa tahu seberapa banyak yang akan dibeli.

2. Perhatikan Kualitas Barang

Setelah kita mendapat list barang mana yang penting, saat berbelanja perlu diperhatikan kualitas barang. Terkadang harga murah tapi kualitas jelek sama saja artinya mengeluarkan budget lagi. Pilihlah barang mana yang kualitas bagus dan bisa terjaga lama.

3. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting maka siapkanlah. Karena freelancer tidak memiliki tanggal gajian yang tetap maka istilah tanggal muda dan tanggal tua tidak dikenal bagi para freelancer. Apalagi ketika sakit, dengan menggunakan dana darurat kita memiliki persiapan untuk kedepannya.

4. Menabung

Sebenarnya semua kalangan sangat diharuskan untuk menabung. Begitu juga freelancer.

Sehingga bila kita mendapatkan proyek besar itu artinya pendapatan kita juga besar. Maka jangan lupa untuk mengalokasikan duit yang didapat itu untuk menabung.

5. Investasi

Sisihkan pendapatan kamu untuk berinvestasi. Sehingga dana kamu bisa berputar untuk menghasilkan uang kembali. Atau setidaknya uang kamu tidak terlalu tergerus oleh inflasi.

Saat ini sudah banyak instrumen investasi dengan segala kemudahnnya untuk menanam dana kamu. Mulai dari emas, reksa dana, investasi saham, hingga investasi di fintech.

6. Kurangi Hidup Hedon

Untuk melepas penat dari project yang banyak tidak mengapa sekali-kali menyenangkan diri. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan.

Sesekali mengundang temanmu untuk makan juga tidak salah. Jadwalkan kegiatan nongkrongmu dua-tiga kali dalam sebulan. Hal ini bisa jadi siasat agar pengeluaranmu tidak membeludak. Sehingga isi kantong pun tetap terjaga.

Jadi Freelancer dengan Pendapatan Tak Tetap, Bagaimana Cara Investasi?

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close