Bisnis

Menteri PUPR Targetkan Penyerapan Anggaran Rp 20 T Sebulan Bisnis

Menteri PUPR Targetkan Penyerapan Anggaran Rp 20 T Sebulan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan anggaran PUPR yang terserap mencapai 60 persen, bukan di bawah 50 persen sebagaimana diberitakan.

News, Jakarta – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan dalam satu bulan ini kementeriannya harus bisa menyerap anggaran sebesar Rp 20 triliun.

“Kita monitor dalam satu bulan ini harus menyerap Rp 20 triliun,” ujar Menteri Basuki di Jakarta, Selasa, 5 November 2019.

Dia juga mengatakan anggaran PUPR yang terserap mencapai 60 persen, bukan di bawah 50 persen sebagaimana diberitakan sebelumnya.

Terkait penyerapan anggaran Kementerian PUPR yang mencapai 60 persen tersebut, Basuki mengumpulkan seluruh direktur jenderal dan menyampaikan bahwa seluruh status proyek pembangunan telah berstatus kontrak sehingga pengerjaannya siap untuk dijalankan.

“(Kita) mempercepat pekerjaan, karena semua (proyek) sudah kontrak,” katanya usai menghadiri acara pengukuhan profesor riset di lingkungan Kementerian PUPR.

Menteri PUPR mengakui bahwa kecepatan penyerapan anggaran yang lambat diakibatkan adanya perubahan organisasi, di mana seluruh proses pelelangan proyek disatukan dalam satu balai.

“Waktu itu terjadi perubahan organisasi di awal yang mana dulunya lelang digelar oleh masing-masing direktorat, kemudian disatukan dalam satu balai supaya standarisasinya lebih jelas. Perubahan organisasi ini menyebabkan kecepatan penyerapan anggaran berkurang, namun saat ini semua status proyek pembangunan yang dilelang sudah dalam status kontrak semuanya,” ujar Basuki.

Menteri PUPR menargetkan penyerapan anggaran kementeriannya sampai dengan akhir 2019 sekitar 90 persen.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa penyerapan anggaran di Kementerian PUPR berada di bawah 50 persen hingga akhir September 2019.

Minimnya penyerapan anggaran di Kementerian PUPR dikarenakan proyek pembangunan yang memang dikerjakan secara berlanjut dari tahun ke tahun.

Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 110,7 triliun dalam APBN 2019. Sedangkan dalam APBN 2020, Kementerian PUPR mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 120,2 triliun.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close