Health

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini  Health

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini . Banyak manfaatnya bagi kesehatan, lho!

Bertambah umur dan menjadi tua itu pasti. Tetapi memiliki tubuh dan pikiran tetap awet muda, tentunya menjadi pengharapan dan keinginan semua orang. Banyak orang memiliki ketakutan akan menjadi tua. Kesehatan yang sudah tidak prima, pikiran yang tidak setajam dulu mungkin menjadi beberapa pemicunya. 

Salah satu aktivitas yang dapat membantu mencegah penuaan dini adalah dengan berolahraga. Tak hanya baik bagi kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Nah, berikut adalah 5 jenis olahraga yang bantu mencegah penuaan dini. Yuk, simak! 

1. Senam Pilates

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini 

Salah satu jenis olahraga yang dapat mencegah penuaan dini adalah senam pilates. Pilates merupakan sebuah olahraga yang termasuk golongan low-impact yang sepintas memiliki gerakan seperti yoga. Dalam senam pilates ditekankan pada harmonisasi tubuh dan pikiran, dengan tujuan setiap gerakannya adalah untuk menguatkan otot sembari mengatur pola pernapasan.

Beberapa manfaat lain yang diperolah dengan melakukan olahraga pilates, seperti memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot inti, mencegah dan mengurangi rasa sakit dari cedera, menajamkan fokus serta membantu menurunkan berat badan. 

2. Renang

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini 

Siapa di antara kalian yang menyukai olahraga berenang? Olahraga ini pastinya menjadi olahraga favorit semua umur ya. Tak hanya digunakan sebagai sarana olahraga, renang juga menjadi salah satu kegiatan rekreasi keluarga.

Ternyata, selain menyegarkan badan renang juga memiliki manfaat lain lho. Beberapa manfaat yang diperoleh dari renang, seperti melatih seluruh otot tubuh, menenangkan pikiran dan mengurangi stress, menguatkan fungsi jantung, dan menjaga kesetabilan kadar kolesterol. 

3. Mendaki

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini 

Adakah di antara kalian yang suka mendaki? Olahraga yang satu ini menjadi favorit bagi kalian yang suka petualangan. Tak hanya membuat diri tertantang dan menyenangkan, olahraga ini punya banyak manfaat yang lain, lho.

Manfaat yang diperoleh dari olahraga mendaki, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, mengurangi stress, memperkuat kekuatan otot kaki, membuat daya ingat lebih baik dan juga membuat tulang lebih padat.

4. Yoga

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini 

Salah satu jenis olahraga sederhana yang dapat membantu mencegah penuaan dini adalah yoga. Gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Tidak hanya itu, dengan melakukan yoga akan membuat kalian mendapatkan ketenangan pikiran yang tentunya dapat mencegah stress, meningkatkan kebugaran, membakar lemak serta manfaat-manfaat keren lainnya bagi tubuh. 

5. Jogging

5 Jenis Olahraga Menyenangkan Ini Bantu Cegah Penuaan Dini 

Olahraha lain yang dapat mencegah penuaan dini adalah jogging. Sebuah penelitian telah dilakukan oleh Humboldt State University dan University of Colorado menyatakan bahwa para manula memiliki fungsi tubuh yang terjaga sama seperti seorang yang berusia 20-30 tahun karena mereka rajin melakukan jogging.

Manfaat lain yang diperoleh dari jogging adalah meningkatkan kesehatan mental, menjaga kesehatan jantung, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis dan manfaat-manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. 

Nah, itulah lima jenis olahraga yang bantu cegah penuaan dini. Yuk, lakukan supaya tubuh tetap sehat dan bugar meski usia bertambah.  

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close