Otomotif

Dilema Pengguna Nouvo dan Skywave, Susah Cari Ban Dalam Otomotif

Dilema Pengguna Nouvo dan Skywave, Susah Cari Ban Dalam. Saat ini ban dalam ukuran 16 inci makin jarang, sedangkan ban luarnya tambah mahal.

JAKARTA, News – Skutik Jepang banyak yang menggunakan ban lingkar 14 inci dan 13 inci. Padahal ada juga yang menggunakan 16 inci, seperti Yamaha Nouvo, Suzuki Skywave, atau ban depan Piaggio Liberty.

Tapi karena populasinya tidak banyak dan beberapa sudah disqontinue, rupanya ikut berpengaruh pada ketersediaan beberapa komponen, yakni ban terutama ban dalam buat yang masih pakai tipe tube. 

Plus-Minus Pakai Alumunium buat Bodi Motor Kustom

Byon Aryawan, salah satu pemilik Yamaha Nouvo generasi awal atau biasa disebut Nouvo lele, mengatakan, saat ini ban dalam ukuran 16 inci makin jarang, sedangkan ban luarnya lambat laun tambah mahal.

“Ban dalamnya susah. Buat ban luar saja saya nyetok 2 set untuk simpanan. Perlahan juga mulai susah ban luarnya. Karena motor yang pakai 16-inci kan tidak banyak,” kata Byon kepada News, Selasa (29/10/2019).

Anggota komunitas C’Duck Astrea ini mengatakan, saat ini harga ban luar 16-inci merek Maxxis saja perlahan mulai naik. Dulu harga Rp 300.000 sudah dapat sepasang sekarang bisa Rp 450.000 sepasang.

“Ya namanya komponen, makin tua, discontinue makin naik harganya,” katanya.

Restorasi Motor Bebek Retro 2-Tak Tak Sebanyak 4-Tak

Siasatnya, kata Byon, agar tidak terlalu kesulitan mencari ban dalam yakni memakai ban tubeless. Namun resikonya dia harus menggunakan pelek palang, sebab Nouvo lele aslinya masih jari-jari.

“Motor saya peleknya saya pakai punya Nouvo Z, karena untuk harian dijadikan ban tubeless lebih aman. Aslinya semua Nouvo lele peleknya jari-jari. Masuk pakai Z baru tubeless. Safety first,” kata Byon.

Zulfikar Husein, pemilik Suzuki Skywave 2009 juga mengatakan ban pelek 16 inci cukup sulit di pasaran, terutama untuk ban dalam. Untuk alasan keamanan, dia memakai ban tubeless merek Swallow.  

“Agak susah memang ban 16 inci terutama ban dalam. Kalau saya pakai ban tubeless karena Skywave punya saya sudah pakai pelek palang jadi lebih mudah. Tapi ban luarnya juga tidak semua toko jual,” katanya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close