Travel

Perahu Jong, Uniknya Permainan Tradisional dari Kepulauan Riau Travel

Perahu Jong, Uniknya Permainan Tradisional dari Kepulauan Riau. Perahu Jong merupakan permainan tradisional dan olahraga masyarakat kepulauan dan pesisir Kepulauan Riau yang sudah berumur puluhan tahun.

 TANJUNGPINANG, News – Perahu Jong merupakan permainan tradisional masyarakat pulau terdepan yang ada di pesisir Kepulauan Riau (Kepri).

Tidak saja sebagai permainan tradisional, perahu Jong juga termasuk olahraga.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan perahu Jong merupakan permainan tradisional dan olahraga masyarakat kepulauan dan pesisir yang sudah berumur puluhan tahun.

Perlombaan Tradisional Perahu Jong Digelar di Bintan

Bahkan permainan ini hanya bisa dijumpai di pulau-pulau yang ada di Kepri.

“Untuk melestarikannya Dispar Kepri kerap melakukan event perlombaan perahu Jong,” kata Buralimar melalui telepon, Jumat (18/10/2019).

Buralimar mengatakan perahu Jong merupakan olahraga kearifan lokal, sehingga harus terus dipopulerkan agar tidak tergerus oleh zaman.

“Jangan sampai olahraga yang bersumber dari permaianan rakyat ini hilang ditelan masa, caranya agar terus berkembang adalah dengan mengadakan perlombaan ini setiap tahun,” jelasnya.

Olahraga yang mengandalkan tenaga angin tersebut terus mengalami peningkatan luar biasa setiap tahunnya.

Hanya saja terkadang terkendala waktu, sehingga tidak bisa digelar pada waktu yang sudah direncanakan.

Ada Apa di Kolam Air Laut Pulau Bintan?

“Karena mengandalkan kekuatan angin, makanya perlombaan perahu Jong ini harus disesuaikan dengan musim angin utara biasanya,” paparnya.

Lebih jauh Buralimar mengatakan tidak saja perahu Jong, di Kepri masih banyak lagi permainan dan olahraga masyarakat kepulauan dan peisir yang masih terlestarikan.

Di antaranya olahraga engrang, sumpitan, gasing, dan olahraga hadang.

Salah seorang atlet perahu Jong, Mahmud (65) mengaku masih semangat bermain olahraga Perahu Jong, meskipun umurnya sudah cukup tua.

Dirinya mengaku olahraga ini merupakan permainan bagi para nelayan dan hiburan untuk melepas lelah mencari ikan selama ini.

Menyusuri Keindahan Pantai Trikora Bintan

“Setiap ada perlombaan perahu Jong, saya bersama rombongan selalu ikut, kami bawa 30 perahu untuk setiap perlombaan ini,” jelasnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close