Lifestyle

Anak Kurang Aktif Bereksplorasi, Psikolog: Orangtua Perlu Kreatif Lifestyle

Anak Kurang Aktif Bereksplorasi, Psikolog: Orangtua Perlu Kreatif. Langkah kreatif diperlukan orangtua untuk anak-anak yang tidak bersemangat melakukan berbagai hal.

Usia 1-5 tahun adalah golden age bagi setiap anak. Di masa itulah anak mulai mengeksplorasi lebih jauh hal-hal yang ada di sekitarnya. Rasa ingin tahu dan penasaran yang tinggi membuat anak mencoba melakukan apapun. Orangtua perlu hadir memberikan arahan dan stimulasi kepada anak agar mereka tidak salah mengerti.

Di sisi lain, kegiatan eksplorasi yang dilakukan anak dapat membantu orangtua mengenali minat anaknya. Oleh karena itu, saat anak melakukan eksplorasi dan menunjukkan minatnya, sebisa mungkin orangtua perlu memberikan respons yang antusias. Hal itu akan membuat anak lebih bersemangat untuk mencari tahu.

Ibu dan anak

Namun tipe kepribadian anak berbeda-beda. Menurut psikolog klinis anak Kantiana Taslim, ada anak yang karakternya aktif sehingga ia lebih aktif dan bersemangat ketika melakukan eksplorasi.

Perlu diketahui orangtua juga, ada anak yang karakternya butuh waktu untuk beradaptasi sebelum mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Anak dengan karakter ini biasanya akan diam lebih dahulu dan ketika sudah merasa nyaman baru mencari tahu lebih lanjut.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close