Bola

Alasan Anggaran Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Minta Ditambah Bola

Alasan Anggaran Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Minta Ditambah . Ketua Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 yakni Harry Warganegara ajukan penambahan anggaran lantaran empat cabang olahraga ikut berpartisipasi.

News – Chief de Mission Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara, mengajukan penambahan anggaran untuk ajang multievent se-Asia Tenggara itu.

Penambahan anggaran untuk berangkat ke SEA Games di Filipina tersebut dengan alasan untuk mengakomodasi jumlah kontingen Indionesia yang membludak.

Hitung mundur jelang SEA Games 2019 sebagai ajang olahraga multi-event terakbar di Asia Tenggara sudah semakin terasa.

Beberapa negara yang ikut berpartisipasi sudah memeprsiapkan diri dengan serangkaian latihan demi meraih hasil optimal di event dua tahunan tersebut.

Timnas U-23 Jalani Pemusatan Latihan Jelang SEA Games 2019

Persoalan teknis seperti pengadaan biaya juga termasuk salah satu hal yang krusial untuk dipikirkan.

Untuk menjamin persiapan para atlet Indonesia, Ketua Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara, mengajukan penambahan anggaran.

Dikutip Bolasport dari Antara (22/10/2019), perubahan ini antara lain disebabkan oleh jumlah anggota kontingen Indonesia yang ikut berpartisipasi mulai bertambah.

“Kontingen Indonesia yang mendaftarkan diri melebihi kapasitas. Oleh karena itu, kami menyarankan agar pemerintah dapat menambahkan anggaran,” ujar Harry.

Syarat bagi Pecatur Indonesia Menangi Persaingan di SEA Games

Menurut Harry, anggaran yang ada sekarang belum menutup pembiayaan atlet terdaftar sebanyak 773 orang dengan komposisi dengan kepanitiaan yakni 1 banding 2.

Ditambah potensi ekstra panitia pengurus hingga 10 persen dari tim medis dan lainnya, jumlah keseluruhan kontingen Indonesia akan berjumlah kurang lebih 1.276 orang.

“Ini potret yang bisa kami sampaikan bahwa alokasi pendanaan untuk SEA Games saat ini 47 miliar rupiah dan ini hanya akan bisa dialokasikan untuk 800 orang,” tutur Harry.

“Jika jumlah kontingen melonjak hingga 1.276 atlet dan ofisial, dana yang dibutuhkan sekitar 64 miliar rupiah,” tegasnya.

Empat Cabor Ini Berangkat ke SEA Games Gunakan Biaya Sendiri

Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry K. Jono mendukung saran yang diajukan Harry.

“Dana 47 miliar itu kan yang dialokasikan Kemenpora, tetapi KOI belum pernah mengusulkan anggaran untuk kontingen Indonesia,” ujar Ferry menjelaskan.

Seperi diberitakan sebelumnya, kontingen Indonesia di SEA Games 2019 dipastikan semakin besar setelah empat cabang olahraga memutuskan ikut bergabung.

Hanya, keempat cabang olahraga yakni anggar, underwater hockey, sailing, dan floor ball akan berangkat membela Indonesia dengan biaya sendiri alias mandiri.

SEA Games 2019 akan resmi dibuka melalui opening ceremony di Philippine Arena, Bulacan, Filipina pada 30 November mendatang.

Total ada 530 nomor dari 56 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang SEA Games 2019. (Agustinus Rosario)

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close