Life

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk! Life

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!. Obrolan bersama teman lebih asyik kok

Phubbing merupakan sebuah istilah tindakan acuh tak acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan karena lebih fokus pada gadget daripada membangun sebuah percakapan. Istilah ini mulai terkenal bersamaan dengan maraknya penggunaan smartphone dan gadget lainnya pada masyarakat.

Kesel kan kalau kamu lagi ngomong serius tapi lawan bicaramu itu malah sibuk sendiri dengan gadget-nya. Tenang, coba cara ini yuk untuk menghentikannya!

1. Keluarkan jurus pertahanan diri! Tahan jempolmu untuk tidak bermain di atas layar

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Ini nih poin yang pertama dan paling utama. Kamu dan teman-temanmu harus punya kesadaran diri sendiri. Tahan diri untuk membuka apalagi memainkan jempol di atas layar gadget. Entah sekadar untuk berbalas chat, bermain game, atau update feed instagram, bahkan berbalas komentar di status.

Hello, kamu dan teman-teman lagi kumpul bareng, mereka ada di hadapanmu. Gunakan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya saat bertemu. Obrolan secara langsung secara tatap muka lebih menarik ‘kan daripada di dunia maya?

2. Agar telingamu aman dari nada “ting” pesan, heningkan suara dering gadget-mu

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Biar kamu atau teman-temanmu enggak terganggu dengan gadget yang berbunyi ketika notifikasi masuk, ada baiknya ketika sedang kumpul kalian mengheningkan dering gadget masing-masing untuk menghindari tergodanya telinga yang menuntun tangan untuk melihat gadget.

Jika perlu, cara yang lebih ekstrem pun dapat dilakukan. Alihkan ke mode pesawat atau matikan saja gadget-mu sejenak saat sedang kumpul. Toh, kamu enggak pegang gadget tidak sampai seabad alias hanya beberapa jam saja. Dunia enggak akan berakhir kok ketika pisah beberapa waktu dari gadget.

3. Suit yuk! Yang kalah jadi “tempat penitipan” gadget-mu dan teman-teman

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Poin yang ketiga ini bisa jadi ajang seru-seruan kamu dan teman-teman. Kapan lagi sih bisa bermain permainan masa kanak-kanak dulu yaitu main suit-suitan? Hukumannya bagi yang kalah adalah menampung semua gadget yang kamu dan teman-teman bawa.

Dengan catatan, sebelum dikumpulkan heningkan atau matikan saja nada dering gadget kalian. Lalu taruh di tempat yang aman dan jangan ambil gadget sebelum kalian mengakhiri kumpulan tersebut.

Kalau sampai ada yang melanggar, beri saja hukuman misal mentraktir teman satu kumpulan.

4. Hangout di tempat yang anti-mainstream

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Salah satu kemungkinan terjadinya phubbing di antara kamu dan teman-teman adalah kebosanan dengan suasana tempat kumpul sehingga kalian lebih memilih untuk membuka gadget dan bermain masing-masing.

Enggak ada salahnya mengubah tempat nongkrong cantik kalian. Jangan hanya terpaku pada tempat makan saja. Mungkin wahana bermain yang dapat dimainkan sama-sama, museum, bahkan panti asuhan bisa jadi daftar tempat nongkrong baru.

Selain membuat senang, dapat ilmu dan pahala juga ‘kan?

5. Buat kegiatan hangout-mu jauh dari kata membosankan

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Selain tempat yang membosankan, kegiatan kalian selama kumpul pun akan mempengaruhi tingkat kebosanan. Coba deh ganti acara kumpulmu dan teman-teman tidak hanya sebatas nongkrong dan makan-makan saja.

Ketika berencana kumpul, kamu bisa melakukan travelling singkat, mendaki, hingga melakukan kegiatan sosial. Dengan cara itu, kalian akan memiliki sedikit kesempatan untuk bermain gadget lho! Karena kalian akan sering berinteraksi secara langsung.

Dengan banyak beraktifitas bersama secara positif, komunikasi langsung pasti akan lebih intensif.

6. Jauhkan gadget dari jangkauan tangan nakalmu

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Iya, tangan bisa nakal nih, apalagi untuk gadget. Tangan yang berada dekat dengan gadget tidak akan berhenti untuk sekedar tap-tap layar pipih tersebut. Sedikit-sedikit pencet tombol power, sedikit-sedikit buka aplikasi chat.

Selain solusi mengumpulkan gadget, kamu juga bisa menyimpan gadget dalam saku atau tas. Jangan letakkan gadget di tempat yang terjangkau oleh mata, telinga, dan tangan ya! Selain aman dalam saku atau tas, kamu pun tidak akan tergoda untuk menyentuhnya.

7. Enggak perlu ragu dan segan untuk menegur temanmu

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Jika cara di atas sudah dilakukan, tapi temanmu masih ada yang sedikit-sedikit membuka gadget-nya, jangan ragu untuk menegurnya. Sampaikan dengan santun bahwa kalian sedang bertatap muka. jadi tidak ada gadget yang mengganggu momen tersebut.

Atau malah kamu yang seperti itu? Tanamkan dan peringati diri sendiri, bahwa itu adalah tindakan yang tidak mengenakan. Kamu saja bisa sebal jika ada temanmu yang lebih sibuk dengan gadget-nya, dan sebal itu pun berlaku bagi temanmu ketika kamu lebih sibuk dengan gadget-mu.

Bagaimana jika tidak diheningkan atau dimatikan karena takut ada pesan atau telepon penting yang masuk?

7 Cara untuk Menghentikan Phubbing saat Kumpul Bareng Teman, Coba Yuk!

Nah jika ini terjadi, khususnya pada kamu, sebelum membuka pesan atau mengangkat telepon, izinlah kepada teman-teman sebelum melakukannya. Jika memang hal tersebut urgent, pasti teman-temanmu paham kok. Tapi jangan keterusan membuka media sosial dan aplikasi chat lain lho!

Cukup sampai membalas pesan atau pembicaraan telepon berakhir. Untuk selanjutnya, kembalilah berkumpul bersama teman-teman. Kalau pun kamu harus pulang setelahnya, jangan lupa izin dan berikan alasan yang tepat.

Itulah tujuh cara untuk menghentikan phubbing saat kumpul bersama teman-teman. Gimana, mudah ‘kan? Cobain yuk!

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close