Travel

Kasarli Mantarli Kofte, Hidangan Khas Turki yang Bisa Dimasak di Rumah Travel

Kasarli Mantarli Kofte, Hidangan Khas Turki yang Bisa Dimasak di Rumah. Memasak Kasarli Mantarli Kofte bisa dimasak di rumah dengan bahan-bahan di dapur.

JAKARTA, News.com – Kasarli Mantarli Kofte salah satu hidangan pembuka khas Turki yang sederhana dan dapat dimasak di dapur kamu.

Hidangan ini berupa daging cincang berbentuk lingkaran pipih yang sudah dibumbui dan di tengahnya disematkan keju mozzarella. Setelah itu dilengkapi dengan tumis jamur

Hidangan pembuka asal Turki satu ini terbilang sederhana karena bahan yang digunakan tidak sulit ditemukan dan mengunakan teknik memasak yang mudah.

“Ini salah satu masakan Turki yang paling simple, bikinnya hanya perlu waktu 10 sampai 12 menit sudah selesai makanan ini disiapkan,” ujar Chef Sezai Zorlu di Puri Joya, Megamendung, Bogor, Rabu (25/09/2019).

Seperti Apa Nasi ala Turki?

“Bumbunya lada hitam, minyak zaitun, mozarella, daging giling. Sudah enak, proteinnya cukup, zat besi segala macam dapat. Kasih nasi buat orang yang ingin karbo,” lanjut Sezai.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak satu porsi Kasarli Mantarli Kofte adalah 400 gram daging cincang, 200 gram bawang bombay, cincang halus.

Lalu ada 150 gram keju mozarella, potong dadu atau bisa dipotong dadu kecil-kecil. 400 gram jamur, iris sesuai selera, mentega, minyak zaitu, lada hitam dan garam secukupnya.

Selain bahan Sezai, juga menjelaskan langkah-langkah untuk menghidangkan Kasarli Mantarli Kofte.

Cara memasak daging.
“Kesabaran sangat diperlukan dalam proses memasak hidangan satu ini, pertama kita bumbui dagingnya,” ujarnya.

Adonan dari daging ialah daging cincang yang dicampur dengan lada hitam sesuai selera, garam dan irisan dari bawang bombay. Aduk adonan hingga semua bahan tercampur dengan rata.

Unik, Menyeruput Kopi ala Turki di Depok

Setelah tercampur, pipihkan adonan hingga berbentuk lingkaran, letakkan mozzarella di tengah adonan. Lalu tutup keju dengan cara melipat sisi luar dari adonan kedalam. Sehingga berbentuk seperti bola yang lonjong dan keju yang berada di tengah.

“Selanjutnya panaskan teflon dengan mengunakan api kecil, jika sudah panas masukan minyak zaitunnya. Minyaknya panas baru masukan daging yang sudah dibumbui dan sudah dimasukan keju di dalamnya,” ujar Sezai.

Ketika Koki Asal Turki Pergi ke Pasar, Apa Jadinya?

Gunakan api kecil selama memasak dagingnya.

“Daging giling yang digunakan berbentuk pipih dan tebal, sehingga harus mengunakan teknik di mana teflonnya panas namun apinya kecil. Supaya panasnya pela-pelan masuk ke tengah, agar daging bagian dalamnya mateng,” kata Sezai Zorlu.

Jangan terburu-buru untuk membalik daging dan jangan terlalu cepat memasaknya. Pastikan api yang digunakan ialah api kecil sehingga panasnya merata.

“Apa lagi ada kejunya biar kejunya meleleh. Kalau apinya besar di luarnya bagus, matang namun bagian dalamnya masi mentah, kejunyapun tidak meleleh karena panasnya tidak sampai ke dalam,” kata Sezai.

Setelah matang daging ditiriskan.

Cara menumis jamur
Untuk menumis jamur caranya sangat mudah, panaskan teflon, tuangkan minyak tunggu hingga panas. Masukan bawang bombai tunggu hingga aromanya keluar dan berubah warna.

“Setelah bawang bombai, lalu masukan jamurnya hingga berubah warna dan aromanya keluar, beri garam dan lada sesuai selera,” jelas Sezai.

Nikmatnya Hidangan Turki untuk Berbuka

Setelah jamurnya berubah warna beri margarin satu sendok makan dan biarkan hingga meleleh. Setelah itu susun daging dan jamur tumis di atas piring. Kasarli Mantarli Kofte, siap disantap.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close