Bola

Dua Pelatih Liga 1 Dukung Penggunaan VAR

Dua Pelatih Liga 1 Dukung Penggunaan VAR. PSSI mengeluarkan rekomendasi penggunaan video asisten wasit (video assistant referee/VAR) di Liga 1 Indonesia.

News, Jakarta – Persatuan sepak bola seluruh Indonesia sudah mengeluarkan rekomendasi penggunaan video asisten wasit (video assistant referee/VAR) di Liga 1 Indonesia. Anggota Komite Eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Exco PSSI) Yoyok Sukawi menyatakan federasi akan segera membuat regulasinya.

Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan menyambut positif bila rencana itu terlaksana. Rahmad menilai penggunaan teknologi video asisten akan membantu kinerja wasit di lapangan. “Bisa mengontrol dan merevisi keputusan yang salah,” ucap pelatih yang akrab disapa RD itu kepada Tempo, Rabu, 29 Mei 2019.

Tak hanya itu, Rahmad menilai, teknologi VAR juga bisa mengawasi tingkah laku pemain yang luput dari pengamatan wasit di lapangan. Rahmad menyatakan penggunaan VAR secara tidak langsung bisa membangun rasa percaya klub terhadap kepemimpinan wasit.

Sebab, menurut dia, keinginan menerapkan VAR di Liga 1 Indonesia tidak lepas dari kasus pengaturan skor yang terjadi di Liga 3 Indonesia. “Sedang terjadi krisis kepercayaan terhadap wasit saat ini imbas match fixing musim sebelumnya,” kata Rahmad.

Senada dengan Rahmad, Pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman mendukung Liga 1 menggunakan VAR. Apalagi, kata dia, federasi sepak bola dunia (FIFA) sudah mempunyai regulasi dan menerapkannya. “Segala sesuatu yang mengarah ke perbaikan mutu kompetisi kenapa tidak. Saya setuju,” ucapnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close