Bola

Kwalitas Wasit Rendah, PSSI Rekomendasikan Penggunaan VAR

Kwalitas Wasit Rendah, PSSI Rekomendasikan Penggunaan VAR . PSSI beralasan penggunaan VAR lantaran kwalitas wasit rendah.

News, Jakarta – Persatuan sepak bola seluruh Indonesia punya alasan mengeluarkan rekomendasi penggunaan video asisten wasit (video assistant referee/VAR) di Liga 1 Indonesia.

Anggota Komite Eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Exco PSSI) Yoyok Sukawi mengatakan masih adanya persoalan di kepemimpinan wasit jadi sorotan utama.

Menurut dia, munculnya kasus pengaturan skor yang melibatkan wasit di kompetisi Liga Indonesia tahun lalu mendorong Exco agar teknologi VAR segera diterapkan di Liga 1 Indonesia. “Awal mulanya karena tahun lalu muncul kontroversi tentang penugasan wasit,” ucap Yoyok saat dihubungi, Rabu, 29 Mei 2019.

PSSI, ucap Yoyok, berkeyakinan bila penggunaan VAR di kompetisi Liga 1 Indonesia bisa membantu kinerja wasit di lapangan dan mencegah terjadinya keputusan yang berbau kontroversial. Oleh sebab itu, ia menyebut, PSSI meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera mempersiapkan penggunaan VAR.

Pekan lalu Exco PSSI mengeluarkan rekomendasi penggunaan VAR di Liga 1 Indonesia. Metode VAR kali pertama diterapkan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Perlahan, liga-liga di Eropa mulai menjajal penggunaan video asisten.

Penggunaan VAR sepenuhnya merupakan keputusan wasit di lapangan. Bila wasit merasa janggal dengan keputusannya bisa berkomunikasi dengan asisten yang berada di depan layar monitor untuk memutar tayangan ulang.

Lebih lanjut, Exco berharap VAR bisa digunakan pada musim kompetisi tahun ini di Liga 1 Indonesia. “Rekomendasi kami kalau tidak bisa tahun ini, tahun depan juga tidak masalah,” kata Yoyok.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close