Food

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto Food

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto. Jalan-jalan tanpa kulineran? Hampa!

Liburan waktunya jalan-jalan sama kulineran. Betul apa betul, guys?

Kalau aku sih yess.

Apalagi yang kesehariannya berjibaku dengan kemacetan kota besar. Rasanya merindukan suasana desa yang sejuk, yang udaranya masih segar dan bebas polusi. Nah, Purwokerto ini pas banget jadi tempat jalan-jalan sambil kulineran.

Saat kamu berkunjung ke suatu kota pastinya pengen nyicipi makanan khas nya kan? Dan dibawa sebagai oleh-oleh sewaktu pulang.

Ada makanan khas apa aja sih di Purwokerto ini? Yuk kita intip satu persatu. 

1. Tempe Mendoan

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Tempe memang makanan yang hampir bisa kita jumpai di mana pun di Indonesia ini ya. Eits, tapi jangan salah! Tempe mendoan ini beda dari tempe pada umumnya lho.

Bentuk tempe ini tipis, sekitar 2-3 mm aja. Biasanya tempe ini dibungkus dengan daun pisang dan bentuknya persegi panjang.

Kemudian tempe ini dicelupkan ke dalam adonan tepung yang terdiri dari tepung beras dan tepung terigu. Bumbu yang biasa dipakai yaitu bawang putih, ketumbar, dan garam. Selain itu, pada adonannya ditambahkan daun bawang yang diiris tipis.

Mendoan berasal dari kata bahasa lokal ‘mendo’ yang artinya setengah matang. Jadi tempe mendoan ini dimasak setengah matang, tidak sampai kering.

Cara makannya sambil nyeplus cabe rawit hijau atau cocol ke sambel kecap. Mmm maknyuss!

2. Sroto Sokaraja

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Di Purwokerto dan sekitarnya, masyarakat biasa menyebut soto dengan sebutan sroto. Tapi soto ini sangat berbeda dengan soto-soto dari daerah lain, guys. Ada tambahan bumbu kacang yang diulek yang ditambahkan pada srotonya. Juga krupuk sroto yang diremas dan ditaburkan pada mangkok yang siap disajikan. Musim hujan begini cocok banget makan sroto ya, guys!

3. Gethuk Goreng

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Salah satu oleh-oleh khas dari Purwokerto yaitu gethuk goreng. Gethuk, makanan olahan dari singkong ini dicampur dengan gula merah. Jadi rasanya manis legit. Bahkan sekarang sudah ada varian rasa lain seperti coklat dan durian.

Karena sudah digoreng jadi ketahanannya bisa lebih lama dibanding gethuk biasa. Akan tetapi kalau kamu pengen bawa oleh-oleh gethuk yang belum digoreng pun bisa lho. Banyak pusat oleh-oleh yang menyediakan gethuk yang belum digoreng.

4. Kupat tahu

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Kupat tahu biasanya terdiri dari tahu yang digoreng, kupat atau ketupat, tauge pendek yang direbus, dan kubis. Lalu disiram kuah yang dibumbui cabai, bawang putih, garam, gula merah, dan kacang tanah yang dihaluskan. Tak lupa pula kerupuknya. Wah, jadi laper nih. 

5. Tahu brontak

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Waow tahu kok bisa berontak ya! Tahu brontak ini sebutan lain dari tahu isi, guys. Tahu yang didalamnya diberi isian wortel iris, kubis, dan tauge. Makan tahu brontak pake cabe rawit ijo, mantep euy!

6. Kluban

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Jika dilihat sekilas nampaknya kluban ini sama dengan urap ya? Iya. Serupa tapi tak sama. Ada hal yang membedakan yaitu cara memasak bumbunya.

Biasanya orang masak bumbu urap dengan cara dikukus, maka lain bagi orang Purwokerto, bumbu kluban yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, gula dan garam ini dimasak di dalam wajan atau panci dengan ditambahkan air. Jadi bukan dikukus ya, guys.

Dan satu lagi ke-khas-an dari kluban yaitu adanya bunga kecombrang. Bunga kecombrang memiliki aroma dan rasa asam yang khas. Pokoknya coba dulu ya, guys. Biar tahu gimana rasanya kluban bunga kecombrang.

7. Kraca atau keong sawah

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Pada bulan Ramadhan ada kuliner khas Purwokerto yang banyak diburu masyarakat sebagai hidangan berbuka. Ya. Kraca atau keong sawah yang diolah dengan bumbu rempah dan biasanya pedas. Siapkan kesabaran ekstra saat memakannya ya! Karena di situlah seni memakan kraca atau keong sawah ini

8. Lembutan

8 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Purwokerto

Lembutan adalah ikan air tawar yang berukuran sangat kecil atau bisa disebut baby fish. Biasanya lembutan ini diperoleh dari Sungai Serayu, Sungai Logawa atau sungai – sungai lainnya.

Lembutan dimasak dengan bumbu rempah sehingga rasanya sangat gurih dan enak. Lembutan ini bisa jadi sumber protein dan kalsium yang tinggi lho. Cocok sebagai lauk untuk seluruh keluarga.

Nah, itulah 8 makanan khas yang bisa kamu cicipi di kota Satria Purwokerto. Sudah menentukan mau makan yang mana dulu, guys

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close