Nasional

Tim Satgas Karhutla Terpapar Zat Monoksida Tingkat Bahaya karena Hirup Asap Nasional

Tim Satgas Karhutla Terpapar Zat Monoksida Tingkat Bahaya karena Hirup Asap . Sebanyak 16 orang dari tim satuan tugas (Satgas) kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

KOBAR – Sebanyak 16 orang dari tim satuan tugas (Satgas) kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah dalam paru parunya sudah terkandung zat monoksida, yang mencapai kadar angka 9 mendekati 10 atau sudah melebihi batas (berbahaya).

Hal ini diketahui setelah 36 orang anggota BPBD Kobar melakukan pemeriksaan di Dinas Kesehatan Kobar pada Senin (16/9/2019). Saat ini ke- 16 anggota BPBD Kobar tersebut harus istirahat total.

“Kami sarankan untuk beristirahat, mengkonsumsi asupan bergizi selama 2 minggu, untuk yang belum dilakukan pemeriksaan disarankan bisa mendatangi Puskesmas terdekat dan membuat jadwal, karena kita juga keterbatasan alat smoke analyzer,” ungkapnya.

Selain itu Sulkan menerangkan, untuk trend penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di Kabupaten Kobar pada Agustus 2019 mengalami peningkatan sebanyak 3.383 orang dan dua pekan September sebanyak 1.500 orang. sebelumnya pada Juli 2019 ada 2.400 orang.

“Peningkatannya 20 persen, lonjakan semakin banyak, salah satunya kabut asap inu berpotensi menambah ISPA,” terangnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close