Economy

Industri Furnitur Jateng Ditawarkan ke 11 Perusahaan yang Hengkang dari China Economy

Industri Furnitur Jateng Ditawarkan ke 11 Perusahaan yang Hengkang dari China. Akhirnya Indonesia bisa mendapatkan peluang dari hengkangnya perusahaan dari China

SEMARANG – Akhirnya Indonesia bisa mendapatkan peluang dari hengkangnya perusahaan dari China. Jawa Tengah dijadikan rujukan utama yang disodorkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kepada 11 perusahaan yang bakal relokasi dari China. Targetnya sebelum akhir tahun proses relokasi tersebut bisa selesai dan segera melakukan produksi.

Sebagian besar dari 11 perusahaan tersebut bergerak di bidang furnitur. Setelah melakukan mapping di beberapa wilayah, BKPM memutuskan wilayah yang paling cocok untuk menerima relokasi tersebut adalah Jawa Tengah. Namun dia belum bisa membocorkan total investasi yang bakal masuk.

“Jateng ini kan sentra industri mebel nasional dengan kontribusi 80%. Kita mencari lokasi tepat untuk relokasi. Untuk relokasi ini salah satu parameter utamanya adalah ketersediaan lahan,” katanya.

Menurut Ikmal, Kendal, Pemalang dan Sukoharjo merupakan daerah paling potensial. Dia mengatakan hal-hal mendasar seperti lahan dan infrastruktur di daerah tersebut bisa jadi daya tarik tersendiri.

“Infrastruktur dasar, listrik dan jalan. Jalur transportasi logistik sangat baik. Mereka kan itu permintaannya. Awal Oktober BKPM berkunjung ke sentra industri furniture China. Setelah mendapat kepastian di Jawa Tengah, November akan bertemu dengan Presiden dan Desember harapannya sudah terealisasi,” katanya.

BKPM

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close