Nasional

AJI Desak Jokowi Tak Ikut dalam Upaya Mengebiri Kewenangan KPK Nasional

AJI Desak Jokowi Tak Ikut dalam Upaya Mengebiri Kewenangan KPK. AJI mengecam upaya pelemahan KPK melalui revisi 21 pasal dalam UU Nomor 30 Tahun 2002 yang dilakukan DPR.

JAKARTA – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menolak upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui pengubahan pasal-pasal dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002. Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak tidak dalam usaha DPR yang ingin memangkas kewenangan KPK.

“Mendesak Presiden Joko Widodo tidak ikut dalam upaya DPR yang ingin mengkebiri dan memangkas kewenangan KPK melalui revisi Undang Undang KPK. Presiden bisa melakukannya dengan menolak perubahan pasal yang bisa memangkas dan mengebiri KPK,” kata Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Manan dalam pernyataan sikapnya, Jumat (13/9/2019).

Dengan ketentuan ini, maka KPK akan sangat tergantung kepada Dewan Pengawas, lembaga yang orang-orangnya juga akan dipilih DPR.

RUU itu juga akan membatasi pencarian sumber daya penyelidik dan penyidik KPK hanya dari Polri dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Ini akan menghilangkan peluang KPK mencari penyelidik independen, yang selama ini terbukti memberi kontribusi penting bagi suksesnya kinerja KPK.

Ketentuan ini juga bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang memperkuat dasar hukum bahwa KPK dapat mengangkat penyelidik dan penyidik sendiri.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close