Otomotif

Bedah Daftar Pemasok Komponen Esemka Bima Otomotif

Bedah Daftar Pemasok Komponen Esemka Bima. Belasan industri komponen lokal diklaim sengaja dilibatkan dalam pembangunan pikap Esemka Bima.

JAKARTA, News – Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya menyebut bahwa sudah menandatangani Letter of Intent (LOL/surat bisnis) dengan asosiasi komponen, yakni Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen (PIKKO) Indonesia.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan lokal konten pada Esemka, walau saat ini belum seratus persen dari Indonesia.

“Kami invite supplier untuk bisa berpartisipasi support kami. Komponen apa yang mereka produksi, seberapa cocok dengan kebutuhan kami, silahkan ditawarkan dengan ekonomis namun berkualitas. Sehingga mobil yang dihadirkan benar-benar dari Indonesia,” katanya beberapa waktu lalu.

Sekali Lagi, Esemka Bukan Mobil Nasional!

Berdasarkan catatannya, sudah ada puluhan Industri lokal baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, yang ikut serta dalam membangun model pertama Esemka, Bima.

Beberapa diantaranya ialah PT INKA (Persero), sebagai pemasok sasis dan tangki BBM. Berkerja sama dengan PT ABS (Adi Budaya Cipta), BUMN yang berkantor di Madiun, Jawa Timur, ini juga mengurus karoseri dan bak Esemka Bima.

Urusan blok mesin dan transmisi, Esemka menggandeng PT Cikarang Perkasa Manufacturing. Mitra lokal ini sudah sangat pengalaman di bidang tersebut, sudah banyak mobil penumpang yang mempercayakannya.

Siap Eksis, Esemka Gandeng Industri Komponen

Perihal radiator, fuel filter, dan oil filter, Esemka menggandeng PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna, perusahaan patungan antara Tokyo Radiator Jepang dengan PT Selamat Sempurna Tbk.

Penasaran dengan grill Esemka Bima yang disebut mirip dengan pikap asal China? Penanggung jawab hal iini adalah PT IMS dan PT Santoso Cipta Dian Prima.

Dasbor dan roda kemudi Esemka Bima disebutkan menggunakan dari PT Usra Tampi. Perusahaan ini juga salah satu pemasok komponen andalan Mitsubishi Motors.

Seluruh penggunaan kaca pada mobil, kecuali bagian depan, didapatkan dari PT Armada Indah Agung Glass. Sedangkan bagian aki, dipasok langsung dari PT Nippres Energi Otomotif.

Tes Langsung, Mengendarai Esemka Bima 1.3

Kaki-kaki mobil seperti velg dan ban dipasok dari Inkoasku dan PT Gajah Tunggal Tbk. Sedangkan masalah suspensi, dipercayakan ke PT Indospring, salah satu industri manufaktur lokal yang sudah terkenal.

Karena kualitasnya, sampai saat ini sudah banyak perusahaan otomotif yang menjadi langganannya seperti Astra Honda Motor, Daihatsu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Hyundai, Kawasaki, dan banyak lagi.

Sedangkan komponen yang masih impor, seperti Ring Piston dan ECU. Walau demikian, Eddy berharap seiring berjalannya waktu bagian tersebut bisa diproduksi di dalam negeri.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close