Food

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak Food

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak. Kalau salah caranya, rasanya juga akan salah

Nachos dengan saus keju menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Gurih dan krispinya kentang dibalut saus keju membuat rasa nachos begitu istimewa. 

Kadang, ketika pengin membuat nachos di rumah, keju yang akan digunakan cenderung kental, kasar, dan berminyak, sehingga memasak pun gagal. 

Dilansir dari Mashed, ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat membuat nachos. Simak di bawah ini!

1. Salah memilih keju

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak

Ketika membuat nachos cheese, gunakan keju lunak yang memiliki kelembapan cukup, seperti keju cheddar. Pasalnya, keju cheddar bisa meleleh dengan sempurna. 

Keju yang cenderung rapuh, seperti keju parmesan atau cheddar yang ekstra tajam, dapat menyebabkan tekstur kasar. Kunci ketika menggunakan keju yakni ketika mencampurkan dua keju yang lembut dengan 1/2 keju parmesan, hal ini akan membuat kelembutannya tetap konsisten. 

2. Sering menggunakan keju yang sudah dicacah

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak

Setelah mengetahui jenis keju yang cocok, hindari keju yang sudah di parut. Memang lebih mempersingkat waktu, tapi hal itu akan menjadi kesalahan terbesar. 

Kalau pernah menggunakan keju parut, kamu pasti memperhatikan bahwa setiap pecahan keju dilapisi sesuatu. Nah, biasanya itu terdiri dari kombinasi bahan-bahan tepung kentang, bubuk selulosa, dan natamycin.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah jamur dan penggumpalan. Keju yang sudah siap diparut tersebut tidak cocok dikombinasikan dengan nachos, apalagi dibuat saus keju. 

3. Salah dalam membuat roux

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak

Roux merupakan zat pengental yang terbuat dari tepung dan lemak yang digunakan dalam saus, lalu dimasak dengan warna tertentu. Nah, ketika menggunakannya, biasanya saus akan kental dan rasanya seperti tepung mentah. 

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya masak tepung sepenuhnya dalam lemak sekitar lima menit sampai aroma tepung mentah hilang. Setelah lemak dan tepung dicampur dan dimasak dengan baik, kocok susu perlahan ke dalam roux. 

Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Tujuannya untuk memastikan semua tepung akan menghasilkan saus keju yang sangat halus.

4. Tidak menggunakan cheese powder

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak

Cheese powder mirip bubuk keju cheddar yang halus, lembut, kuat, dan tajam. Biasanya ditaburkan langsung di atas popcorn dan sayuran, atau dijadikan sebagai cairan keju untuk nachos.

Jika cheese powder diolah dengan baik dan dicampur air secara perlahan, maka perpaduannya akan sempurna. Nah, sayang banget kalau kamu gak menggunakannya.

5. Salah mengatur suhu panas ketika mencairkan keju

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak

Membuat nachos cheese sangat dibutuhkan kesabaran yang cukup tinggi. Kesulitan menunggu keju mencair akibat api yang kecil membuat kita seringkali tidak sabar. 

Kalau memasak keju api besar, saus keju bisa jadi gagal. Suhu yang tepat untuk melelehkan keju yakni 150 derajat Celcius untuk keju cheddar.  Supaya mudah mencairkan keju, sebaiknya parut keju secara halus dan panaskan dengan api kecil.

Nah, sekarang sudah tahu, kan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika membuat nachos cheese? Hindari lima hal di atas ya biar nachos cheese lebih enak.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close