Economy

Selalu Impor, Singapura Pun Ingin Swasembada Pangan Economy

Selalu Impor, Singapura Pun Ingin Swasembada Pangan. Negara paling kecil di Asia Tenggara, Singapura bersemangat untuk melakukan swasembada pangan

JAKARTA– Negara paling kecil di Asia Tenggara, Singapura bersemangat untuk melakukan swasembada pangan. Luas negara tersebut hanya 721,5 kilometer persegi, jauh lebih kecil dari Indonesia yang memiliki luas 1,9 juta kilometer persegi.

Singapura memang tidak mungkin memenuhi kebutuhan pangan mereka sepenuhnya sendiri. Akibatnya, mulai dari beras, ikan, daging hingga sayur segar harus mereka impor.

Menurut situs web Agri-Food and Veterinary Authority of Singapore (AVA), Singapura mengimpor lebih dari 90% makanannya. Hanya sejumlah kecil yang diproduksi secara lokal, sekira 8% sayuran, 8% ikan, dan 26% telur.

Pemerintah Singapura pun menargetkan pada 2030 bisa memproduksi 30% suplai makanannya sendiri, atau dikenal dengan ’30 by 30′. Dan untuk membenahi ketergantungan pangan tersebut salah satu terobosannya adalah Edible Garden City (EGC). Gerakan ini menginisiasi masyarakat untuk bisa menanam makanannya sendiri meski tinggal di pusat perkotaan.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close