News

Kakek Mahmud si Jemaah Haji Super Romantis Akhirnya Tiba di Tanah Air News

Kakek Mahmud si Jemaah Haji Super Romantis Akhirnya Tiba di Tanah Air. Kakek Mahmud kini berusia 89 tahun

Makassar – Mahmud Sopamena, jemaah haji berusia 89 tahun asal Kota Ambon, Maluku, yang pernah menjadi viral di media sosial lantaran tak ingin pisah dari istrinya selama di Makkah, Arab Saudi, hari ini tiba di Indonesia.

Mahmud dan istrinya, Kalsum, yang kini berusia 78 tahun kini selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji. Dia tiba di Tanah Air bersama rombongan jemaah haji kelompok terbang Debarkasi Hasanuddin Makassar, Selasa (27/8). Pesawatnya mendarat di Bandara Hasanuddin Makassar pada pukul 06.47 Wita.

“Pasangan lansia tersebut baru saja tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar bersama rombongan jemaah haji Kloter 13 asal Provinsi Maluku,” kata Panitia Bagian Informasi PPIH Debarkasi Makassar Mawardy Siradj, Selasa pagi.

Pada 16 Juli 2019, kakek Mahmud dan istrinya sempat mencuri perhatian jemaah haji lain, karena selalu bergandengan tangan. Sejak masih dalam pesawat hingga turun di Bandara Madinah, mereka tidak pernah terpisah.

Bahkan, pada tayangan video yang beredar, kakek Mahmud sempat memarahi petugas haji, karena berusaha memisahkan dari genggaman istrinya.

1. Mahmud dievakuasi dengan ambulans karena kesehatannya menurun

Kakek Mahmud si Jemaah Haji Super Romantis Akhirnya Tiba di Tanah Air

Tiba di Bandara Hasanuddin, Mahmud dievakuasi bersama dua rekannya dengan ambulans menuju Poliklinik Kesehatan Asrama Haji Sudiang. Petugas menganggap kondisi kesehatannya menurun. Sedangkan istrinya, Kalsum, ikut rombongan umum yang berangkat dengan bus menuju asrama.

Mawardi mengungkapkan, tingkah laku Mahmud yang sempat viral saat di Madinah kembali ditunjukkan saat berada di poliklinik. Dia sempat mengomel dan memperlihatkan wajah cemberut, karena tidak melihat sang istri di sampingnya. Bahkan, dia menolak disuapi makanan oleh tim medis.

“Setiap kali H Mahmud Sopamena disuap, Beliau langsung melepehkan makanan, karena dia baru mau makan kalau sang istri yang suapi,” kata dia.

2. Kakek Mahmud selalu menggenggam erat tangan istrinya

Kakek Mahmud si Jemaah Haji Super Romantis Akhirnya Tiba di Tanah Air

Melihat kondisi kakek Mahmud yang gelisah, petugas poliklinik berinisiatif mencari Kalsum di aula serah terima jemaah haji. Jarak kedua lokasi tidak terlalu jauh, sehingga sang istri bisa datang tak lama berselang.

Melihat kedatangan sang istri, kakek Mahmud berubah tenang dengan raut wajahnya semringah. Terlebih, saat Kalsum menggenggam tangan sembari menyuapinya makanan. Kedua pasangan ini ibarat sejoli yang dimabuk cinta.

Pasangan haji lansia ini tak berhenti bergenggaman tangan, termasuk saat sejumlah pejabat asal Provinsi Maluku datang menjenguknya. Kakek Mahmud seakan khawatir sang istri pergi dari sisinya.

“Pemandangan yang romantis sedikit dramatis itu membuat para tenaga medis yang mengerubutinya mesam-mesem. Ada yang menyeletuk ternyata masih ada cinta sejati di dunia ini, karena buktinya ada di depan mata mereka,” Mawardi menerangkan.

3. Jemaah asal Maluku transit selama satu hari di Makassar

Kakek Mahmud si Jemaah Haji Super Romantis Akhirnya Tiba di Tanah Air

Jemaah haji Kloter 13 Debarkasi Makassar berjumlah 453 orang asal Maluku. Di dalamnya termasuk lima petugas pendamping. Mawardi menyebutkan, jemaah terlambat tiba 42 menit dari jadwal awal. Hingga kloter 13, sudah ada 5.902 anggota jemaah haji Debarkasi Makassar yang kembali dari Tanah Suci.

“Jemaah haji Kloter 13 sementara diistirahatkan dulu sehari di Asrama Haji Sudiang Makassar, untuk selanjutnya akan diterbangkan ke Ambon esok harinya,” kata dia.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close