Nasional

Rizal Ramli Usul Warga Papua Diberi ATM, Setiap Bulan Ditransfer Pemerintah Nasional

Rizal Ramli Usul Warga Papua Diberi ATM, Setiap Bulan Ditransfer Pemerintah. Minimnya kesejahteraan itu, kata Rizal, tak sebanding dengan dana Rp62 triliun yang dikucurkan pemerintah pusat ke Papua.

JAKARTA – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menyebutkan adanya ketidakadilan di Papua. Ia menyoroti minimnya kesejahteraan, padahal jumlah rakyat di sana hanya sebanyak 3,5 juta jiwa.

Minimnya kesejahteraan itu, kata Rizal, tak sebanding dengan dana Rp62 triliun yang dikucurkan pemerintah pusat ke Papua.

“Enggak sampai ke rakyatnya, di kampung-kampung, di gunung-gunung, makan saja susah, sekolah apalagi, kesehatan enggak ada,” ujar Rizal Ramli saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2019).

Oleh sebab itu, mantan Menteri Keuangan era pemerintah Abdurahman Wahid menyarankan pemerintah untuk membagikan dana langsung kepada rakyat Papua dengan memberikan kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

Rizal Ramli. (Foto: Taufik Budi/)

“Karena hari ini kalau 62 triliun dibagi 3,5 juta orang itu hampir 17,7 juta per orang. Tapi (saat ini) rakyatnya tidak dapat apa-apa. Saya betul-betul tidak terima, dan marah ini sumber ketidakadilan luar biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rizal setuju dengan pendapat Gubernur Papua Lukas Enembe yang menilai masyarakat Papua tidak membutuhkan pembangunan infrastruktur, namun kehidupan yang layak dan nyaman.

“Jadi lebih bagus kita kasih ATM saudara- saudara kita di situ, setiap bulan terima subsidi berapa juta sehingga mereka bisa hidup lebih baik,” ujarnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close