Nasional

Pencipta Lagu Hari Merdeka Adalah Seorang Habib, Siapa Dia? Nasional

Pencipta Lagu Hari Merdeka Adalah Seorang Habib, Siapa Dia?. Habib Muthahar, mungkin tidak terlalu populer dalam sejarah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

HUSEIN Muthahar, mungkin tidak terlalu populer dalam sejarah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, sosok pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 5 Agustus 1916 ini pencipta lagu kebangsaan. Dia juga hadir dalam peristiwa penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia. Siapa H Muthahar?

Dari data dan informasi berbagai sumber yang diperoleh , pria ini pada zaman kolonial menimba ilmu di sekolah di Europese Lagere School (ELS), lalu melanjutkan sekolah ke sekolah Meer Uitgebreid Lager Ondewwijs (MULO) setingkat SMP di Semarang.

Pendidikan Habib Muthahar tidak sampai di situ dia kembali melanjutkan pendidikan di Algemeen Midelbare School (AMS) setara dengan SMA, dengan memilih jurusan Sastra Timur, khusus bahasa Melayu, di Jogyakarta.

Usai menempuh pendidikan hingga setara SMA. Habib Muthahar sempat melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada, jurusan Hukum merangkap Jurusan Sastra Timur, dari tahun 1946 sampai 1947.

Sosok pria ini merupakan seorang Habib. Dia memiliki kematangan dalam hal umur, ilmu yang luas, mengamalkan ilmu yang dimiliki, ikhlas terhadap apapun, wara atau berhati-hati serta bertakwa kepada Allah.

Habib Muthahar

Habib Muthahar merupakan pencipta lagu Hari Mereka atau 17 Agustus 1945. Lagu kebangsaan itu diperkenalkan pada tahun 1946.

Lagu mars bernuansa semangat kemerdekaan itu terus dilantunkan saat upacara hari kemerdekaan 17 Agustus di seluruh penjuru Indonesia, baik instansi pemerintah, swasta hingga komunitas masyarakat.

Pria yang tidak suka di foto ini menciptakan lagu yang mudah di hapal kalangan anak-anak sekolah. Seperti, lagu Slamatlah, Jangan Putus Asa, Saat Berpisah, Hymne Pramuka, Gembira, Tepuk Tangan Silang-silang dan Mari Tepuk.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close