Nasional

PKS: Pemindahan Ibu Kota Harus Dikaji dengan Perhitungan Serius Nasional

PKS: Pemindahan Ibu Kota Harus Dikaji dengan Perhitungan Serius. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyebut ide pemindahan ibu kota perlu melalui pengkajian dengan perhitungan yang serius.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta izin untuk memindahkan ibu kota dalam sidang bersama DPR dan DPD RI. Namun, wacana itu justru mengundang kritik dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyebut ide pemindahan ibu kota adalah baik. Namun demikian kata dia, perlu melalui pengkajian dengan perhitungan yang serius.

“Saya melihat ide tersebut punya tujuan baik, namun banyak catatan dan harus dikaji dengan perhitungan yang sangat serius,” kata Mardani kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Ia memandang, tujuan pemindahan untuk pemerataan kurang tepat, untuk situasi ekonomi, sosial, dan politik saat ini. Karena pemerataan pembangunan harusnya membuat pusat-pusat ekonomi dan industri di daerah. “Bukannya pindahkan ibu kota,” ucap dia.

Presiden Jokowi

Menurutnya, pemindahan ibu kota bakal menyita banyak dana. Mengingat keuangan negara tidak stabil sehingga akan memberikan dampak yang luas bagi masyarakat.

“Sekali lagi saya melihat, ide ini merupakan masalah tang sangat serius dan berdampak luas, sehingga memerlukan kajian yang matang, cermat dan holistik. Kesiapan dana, infrastruktur, SDM, regulasi, ekonomi, politik, dan lain-lain,” tuturnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close