Health

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari Health

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari. Matahari merupakan sumber kehidupan bagi manusia

Kita semua sudah tahu kalau matahari merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Matahari adalah sumber energi yang paling besar di tata surya. Itulah sebabnya manusia memanfaatkan energi matahari, salah satunya sebagai pembangkit listrik untuk kebutuhan hidup manusia.

Selama kita menjalani kehidupan, kita selalu bisa melihat cahaya matahari pada waktu pagi hingga waktu petang. Tapi pernahkah kamu membayangkan apa yang akan terjadi jika kita sebagai manusia tidak pernah terkena sinar matahari sama sekali? Ini dia jawabannya.

1. Kekebalan tubuh akan menurun

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari

Sel darah putih berfungsi untuk melindungi tubuh dari segala macam bakteri dan penyakit. Untuk memproduksi sel darah putih yang banyak, diperlukan cahaya matahari yang cukup. Jika kamu tidak pernah terkena paparan sinar matahari, maka sel darah putih yang diproduksi akan sedikit sehingga tubuhmu akan lebih mudah terserang penyakit.

2. Terserang nyeri sendi

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari

Cahaya matahari sangat penting bagi tubuh terutama sendi. Jika kita tidak pernah terkena sinar matahari maka kamu akan merasakan sakit di seluruh tubuh. Manfaat dari cahaya matahari adalah untuk mengendurkan otot-otot dan mengurangi nyeri sendi.

3. Bisa membuat orang depresi

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari

Siapa bilang depresi hanya diakibatkan karena stres saja? Depresi juga bisa terjadi akibat tubuh kurang terkena sinar matahari. Penyakit ini dinamakan winter blues.

Walaupun kamu sering terkena cahaya lampu, tapi tetap saja tidak bisa menyembuhkan penyakit ini karena winter blues hanya bisa disembuhkan dengan cahaya matahari.

4. Kemungkinan memiliki anak menjadi semakin kecil

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari

Cahaya matahari dapat mempengaruhi tingkat kesuburan manusia terutama bagi kaum wanita. Jika wanita tidak pernah terkena sinar matahari, maka kemungkinan untuk memiliki seorang anak akan menjadi lebih kecil akibat hilangnya hormon melatonin, hormon yang berperan untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu wanita akan lebih cepat menopause jika kurang terkena sinar matahari.

5. Kesehatan jantung dapat menurun

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari

Merawat kesehatan jantung sangat penting bagi kesehatan tubuh dengan cara melakukan pola hidup yang sehat dan yang terutama dengan memenuhi kebutuhan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi vitamin D yang berguna untuk melindungi kita dari penyakit jantung.

Ternyata selain sebagai sumber energi, matahari sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita. Kamu sudah bisa membayangkan dong pastinya bagaimana kondisi tubuh jika tidak ada cahaya matahari? Karena itu, rajinlah berjemur dengan sinar matahari pagi ya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close