Economy

Stabilitas Keuangan Terjaga, Rupiah Menguat hingga Modal Asing Masuk Rp193 Triliun Economy

Stabilitas Keuangan Terjaga, Rupiah Menguat hingga Modal Asing Masuk Rp193 Triliun. Bank Indonesia (BI) menilai stabilitas keuangan yang tetap terjaga mendorong derasnya aliran modal asing masuk ke Indonesia.

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menilai stabilitas keuangan yang tetap terjaga mendorong derasnya aliran modal asing masuk ke Indonesia (capital inflow). Hingga 26 Juli 2019 tercatat dana asing yang masuk sebesar Rp193,2 triliun.

Dalam rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) disimpulkan stabilitas sistem keuangan Indonesia pada kuartal II-2019 terjaga dengan baik. Hal itu ditopang industri perbankan dan pasar keuangan domestik yang kondusif.

Kondisi ini pun membuat nilai tukar Rupiah menguat 2,64% sepanjang paruh pertama tahun 2019. “Rupiah pun terus bergerak stabil dan cenderung menguat,” imbuh dia.

Dia menyatakan, kebijakan akomodatif juga dikeluarkan BI lewat penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) sebesar 50 bps pada Juni 2019 dan suku bunga acuan sebesar 25 bps pada Juli 2019. Hal ini untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kebijakan moneter tersebut juga didukung oleh kebijakan makroprudensial yang tetap akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit perbankan dan memperluas pembiayaan bagi perekonomian,” katanya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close