PP 72 Tahun 2016, Bencana Bagi Aset Negara

surabayanews.co.id - Asing bisa bebas kuasai aset Indonesia. Tak percaya?, lihat saja perabuhan atau PP No 72 Tahun 2016 terhadap PP No 44 Tahun 2005 tentang tata...

157
157

surabayanews.co.id – Asing bisa bebas kuasai aset Indonesia. Tak percaya?, lihat saja perabuhan atau PP No 72 Tahun 2016 terhadap PP No 44 Tahun 2005 tentang tata cara penyertaan dan penatausahaan modal negara pada BUMN dan Perseroan Terbatas.

Peran pihak asing di Indonesia, saat ini sepertinya sudah semakin besar. Beberapa regulasi pemerintah juga seakan memberi angin segar kepada pihak asing untuk bisa masuk ke Indonesia secara bebas. Terbaru adalah, pemerintah melakukan revisi peraturan pemerintah, terkait BUMN dan Perseroan Terbatas, yang mana saham BUMN milik negara dapat berpindah tangan ke siapapun termasuk pihak asing tanpa harus diketahui oleh DPR.

Perubahan signifikan yang saat ini dilakukan pemerintah, bukannya membuat nasib rakyat Indonesia semakin baik. Hal ini terlihat dari adanya perubahan Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 72 Tahun 2016 terhadap PP Nomor 44 Tahun 2005 tentang tata cara penyertaan dan penatausahaan modal negara pada Badan Usaha Milik Negara dan Perseroan Terbatas.

Pada ayat 1 Pasal 2A PP 72, menyebut bahwa setiap perpindahan aset negara di sebuah BUMN ke BUMN lain atau perusahaan swasta, bisa dilakukan tanpa harus melewati pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau tanpa perlu persetujuan DPR. Sementara pada ayat 2 Pasal 2A PP 72, disebutkan saham milik negara pada BUMN yang menjadi anak usaha, dapat langsung dialihkan ke BUMN lain yang menjadi induk usaha. Disebutkan pula, perlakuan perusahaan swasta sama seperti BUMN, sehingga bisa memperoleh penugasan dari pemerintah, untuk proyek-proyek strategis yang dibiayai APBN.

Praktisi Ekonomig Anjar C Premananto, hal ini akan sangat berbaya dan dapat menjadi salah satu bentuk pemecahan terhadap BUMN. Selain itu, aset dan kekayaan negara bisa dengan mudah dikuasai asing, seperti hal nya yang terjadi pada Indosat yang saat ini juga sudah di kuasai asing, sepertinya yang sedang terjadi pada industri semen nasional.

Perubahan aturan terkait aset BUMN ini, memicu banyak pihak untuk merevisi PP tersebut. Karena secara konten, PP baru tersebut bertentangan dengan UU lainnya dan secara substansi juga berbahaya, lantaran membuka peluang pengalihan kekayaan negara atau mengubah BUMN jadi swasta dengan cukup mudah.

In this article

Join the Conversation