Tingginya Penggunaaan Energi Inspirasi Siswa SMA di Surabaya Ciptakan Rumah Hemat Energi

surabayanews.co.id - Tingginya angka penggunaan energi atau sumber daya alam di Indonesia, menginspirasi sejumlah siswa di Surabaya untuk menciptakan rumah hemat energi yang ramah lingkungan , dengan...

113
113

surabayanews.co.id – Tingginya angka penggunaan energi atau sumber daya alam di Indonesia, menginspirasi sejumlah siswa di Surabaya untuk menciptakan rumah hemat energi yang ramah lingkungan , dengan memanfaatkan tenaga matahari dan air hujan. Hebatnya, konsep rumah ini telah memperoleh penghargaan dari Menteri ESDM.

Beberapa siswa di salah satu SMA di Surabaya membuat konsep rumah hemat energi yang berhasil mendapat juara 1 dalam lomba hemat energi yang digelar Kementerian ESDM Desember 2016 lalu. Ada beberapa kelebihan dalam konsep rumah yang dibuat, yaitu memiliki pendingin ruangan dari air hujan yang ditampung dalam tandon air dan disalurkan ke atas ruangan menggunakan pipa alumunium. Pemanfaatan energi sinar matahari, digunakan untuk meminimalisir penggunaan listrik dalam kebutuhan sehari-hari.

Ricky Setiawan, salah satu siswa pembuat konsep rumah hemat energi menyebut, selain pemanfaatan sumber daya energi yang ada, hunian tersebut juga di desain ramah lingkungan. Karena memiliki vertical garden yang dapat menyerap angin, sehingga banyak oksigen yang masuk dalam rumah.

Sementara itu, Kepala SMAN 16 Surabaya Hari Sutanto menyebut, budaya hemat energi memang telah diterapkan di sekolahnya, baik dalam penggunaan listrik dan air. Sehingga siswa juga sudah terbiasa dalam menerapkan hemat energi termasuk saat menciptakan konsep rumah hemat energi.

In this article

Join the Conversation