Alhamdulillah Kuota Bertambah, Waktu Tunggu Haji Tak Lagi Lama

surabayanews.co.id - Kuota haji Indonesia tahun 2017 bertambah, maka dari itu masa tunggu ibadah haji pun diharapkan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia atau Amphuri...

153
153

surabayanews.co.id – Kuota haji Indonesia tahun 2017 bertambah, maka dari itu masa tunggu ibadah haji pun diharapkan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia atau Amphuri Jawa Timur dapat dipersingkat menjadi 7 tahun.

Pemerintah Arab Saudi akhirnya menambah kuota haji Indonesia yang sudah lama ditunggu-tunggu warga muslim di tanah air. Setelah dua tahun terakhir tidak ada penambahan kuota haji asal Indonesia, bahkan sempat di kurangi. Kuota haji untuk Indonesia tahun 2017 kini menjadi 221.000, yang terdiri atas kuota normal haji Indonesia sebesar 211.000 dan penambahan sebesar 10.000.

Adanya keputusan penambahan kuota haji di tahun ini mendapat respon baik Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Jawa Timur. Adanya penambahan ini, otomatis juga akan membuat waktu tunggu haji di Jawa Timur berkurang. Dari sebelumnya yang mencapai 20 hingga 25 tahun, adanya penambahan ini dimungkinkan menjadi 5 hingga 7 tahun.

Selain waktu tunggu haji regural yang berkurang, penambahan kuota ini juga akan membuat waktu tunggu haji khusus menjadi semakin cepat. Ditahun ini saja, dimungkinkan waktu tunggu haji khusus hanya selama 1 sampai 2 tahun saja.

Penambahan kuota ini diharapkan disertai pula adanya perbaikan fasilitas yang di berikan pemerintah Arab Saudi khususnya di Arafah dan Mina, yang hingga kini belum ada penambahan tenda secara signifikan dan membuat banyak jemaah sering tidak tertampung.

In this article

Join the Conversation