Ngaku-ngaku Bisa Urus Sertifikat Pelaut, Ibu Rumah Tangga Malah Dibekuk Polisi

surabayanews.co.id - Merasa kurang dengan menjadi ibu rumah tangga, ER warga tambak asri Gading Surabaya terpaksa diringkus pihak kepolisian Polsek Wonokromo Surabaya, setelah melakukan penipuan hingga belasan...

115
115

surabayanews.co.id – Merasa kurang dengan menjadi ibu rumah tangga, ER warga tambak asri Gading Surabaya terpaksa diringkus pihak kepolisian Polsek Wonokromo Surabaya, setelah melakukan penipuan hingga belasan juta rupiah dengan modus bisa mengurus sertifikat pelaut.

ER seorang ibu rumah tangga warga Tambak Asri Gading Surabaya harus mendekam dalam penjara Polsek Wonokromo Surabaya, setelah melakukan penipuan hingga korban mengalami kerugian Rp 17 juta. Modus yang dilakukan pelaku, yakni menjanjikan kepada korban bisa menguruskan rivalidasi sertifikat abdeting ijazah laut. Tiga orang korban yang termakan bujuk rayu pelaku, akhirnya setuju dan menyerahkan syarat pengurusan serta uang tunai.

Kepada petugas, pelaku mengakui bisnisnya yang ditekuni selama satu tahun itu selalu berhasil. Dan untuk melancarkan percaloan pengurusan ijasah pelaut, pelaku menggunakan joki untuk mengerjakan ujian dengan imbalan Rp 500.000.

Namun, hingga saat ini rivalidasi sertifikat abdeting ijazah laut yang dijanjikan oleh pelaku tidak pernah diurus. Sedangkan uang dari pemberian korban telah habis digunakan untuk belanja kebutuhan rumah tangga dan membayar hutang.

Kompol Arisandi selaku Kapolsek Wonokromo menuturkan, selain pelaku trurut pula diamankan tiga lembar kwitansi bukti pembayaran sebagai barang bukti. Sementara itu akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP yang ancaman pidananya hingga 5 tahun penjara.

In this article

Join the Conversation