Indahnya Batik Dengan Motif Sarang Tawon

surabayanews.co.id - Ide dari pembuatan batik dengan motif sarang tawon ini didasari oleh Yuana Tanaya, sang penggagas ide batik motif sarang tawon yang suka dengan makanan dan...

216
216

surabayanews.co.id – Ide dari pembuatan batik dengan motif sarang tawon ini didasari oleh Yuana Tanaya, sang penggagas ide batik motif sarang tawon yang suka dengan makanan dan minuman yang serba madu. Dari kesukaan inilah, Yuana mengaplikasikan motif kain dalam desain batik terbarunya.

Dalam mengaplikasikan idenya tersebut, Yuana secara khusus mengkombinasikan batik cap lawasan asal Cirebon dengan 12 busana kasual. Lalu ia memilih tiga warna khas yakni, putih, cokelat dan hitam. Yuana sengaja menggunakan tiga warna saja, karena nuansa klasik batik yang tetap terjaga.

Menurut perempuan cantik ini, batik memang sedang tren untuk kalangan tua dan muda. Apalagi batik menjadi cirri khas fashion lokal sebagai kebutuhan sehari hari. Tantangan terbesar dalam mendesain batik dengan corka keinian adalah merancang batik tetap diminati, tetapi tidak membosankan.

Yuana memilih mendesain motif baru, salah satunya mengombinasikan motif batik dengan desain gambar sarang tawon. Bentuknya cukup simple, sarang tawon digambarkan dalam bentuk lingkaran dengan kotak kotak di dalamnya. Lalu, motif tersebut didesain di tengah tengah garis garis batik Cirebon. Warna motif sarang tawon cokelat, dipadukan dengan dasar batik Cirebon hitam.

Sang desainer ingin pemakainya merasa special, hal tersebut diwujudkan dalam desain yang selalu berbeda antara satu dan yang lainnya. Hasilnya, jumpsuit, top piece dengan cutting kelelawar menyerong, celana ukuran 7/8 dan dress, outer panjang, hoodie serta syal, sudah ia buat dalam batik buatannya.

Desainer kelahiran 10 januari 1981 tersebut mengatakan bahwa setiap kombinasi bisa diganti ganti sesuai dengan selera. Ia pun mencontohkan salah satu desainnya yang dikenakan Stephana Riera cutting busananya two-piece dengan atasan lengan pendek dipadukan dengan celana berukuran 7/8.

Yuana sendiri mengenakan two piece dengan kolaborasi sarong skirt dan atasan oversized kelelawar. Untuk bawahannya, Yuana menggunakan warna putih dengan motif sarang tawon cokelat. Tertarik?

 

In this article

Join the Conversation