Pemdes Sidoarjo Bentuk Pengawas Perangkat Desa Seneng Ngentit Duwek

surabayanews.co.id - Tim Saber pungli dulur, gak hanya dibentuk di pemerintah pusat. Contohnya, di pemerintah desa Sedati, Sidoarjo. Perangkat desa setempat, membentuk tim saber pungli, untuk memberantas...

176
176

surabayanews.co.id – Tim Saber pungli dulur, gak hanya dibentuk di pemerintah pusat. Contohnya, di pemerintah desa Sedati, Sidoarjo. Perangkat desa setempat, membentuk tim saber pungli, untuk memberantas perangkat desa seng senengane ngentit duite rakyat (baca : pungli).

Buktine dulur, sebanyak sepuluh perangkat Desa Pepe kecamatan Sedati ini terkena mutasi berdasarkan surat keputusan undang-undang Pemdes yang dibacakan kepala desa setempat. Mutasine, pejabat desa ini tidak sekaligus, karena ada juga yang masih menjabat lama seperti tiga kepala dusun dan lima perangkat desa di pemerintahan desa. Sedangkan kasi pemerintah desa diangkat menjadi sekdes dan tani sawah diangkat menjadi pemerintahan menggantikan kasih pemerintahan yang lama.

Jare Cak Syaikul Huda, saiki dadi kepala Desapepe Sedati, tujuane teko bentukan badan pengawas pungli dana untuk meningkatkan kualitas kinerja para perangkat desa mengarah yang lebih baik dan menghindari pungutan liar yang dilakukan oleh perangkat desa sewaktu menjalankan tugas pemrintahan desa.

“ Agar tidak terjadi pungli di pemerintahan desa, pihak pemdes melakukan bentuk pengawasan yang terdiri dari badan pengawas desa, BPD dan lembaga khusus desa yang memantau kinerja perangkat desa,” tegese Cak Syaikhul.

Jika bagi perangkat desa ketahuan melakukan pungli maupun korupsi, pihak desa tidak segan-segan akan memberikan sanksi tegas hingga mengarah ke pemecatan.

In this article

Join the Conversation