2017, Janji Pak Dhe Gasak Pekerja Asing di Jatim

surabayanews.co.id - Janji iki rek, minongko jawabi janji yang pernah diucapkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Pada tahun ini, Pak Dhe---panggilan akrab Soekarwo---akan membentuk satgas dan berkoordinasi dengan...

150
150

surabayanews.co.id – Janji iki rek, minongko jawabi janji yang pernah diucapkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Pada tahun ini, Pak Dhe—panggilan akrab Soekarwo—akan membentuk satgas dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak yang akan diisi oleh semua instansi terkait termasuk juga akan melibatkan pihak legislative, dalam mengawasi pekerja asing di Jatim.

Janjine Pak dhe dulur, soal penanganan orang asing ini akan dimulai dalam minggu pertama dan kedua awal tahun 2017 ini, dengan mematangkan kerjasama antara pihak imigrasi dan Polda Jawa Timur, untuk lebih intens mengawasi orang asing yang masuk dan bekerja di Jawa Timur.

Tegese Pak Dhe iki gak cuman omongan tok dulur. Pengawasan ini akan dilakukan mulai dari dokumen perijinan masuk, serta pengawasan berkelanjutan terhadap lama tinggal. Karena selama ini, masuknya pekerja ilegal ini banyak terjadi dari kelemahan ijin tinggal ini, yang kemudian di manfaatkan untuk tetap tinggal dan bekerja di Jawa Timur.

Lebih Lanjut, Bojone Neng Nina Soekarwo negesi nantinya seluruh TKA tidak hanya akan didata, melainkan juga diminta untuk menunjukkan seluruh identitasnya. Jika terbukti tidak melengkapi diri sebagai TKA, maka Pemprov akan menyerahkan ke pihak kepolisian, agar diproses hukum—yoo opo dilir sip toh?

Selain akan lebih tegas terhadap pekerja asing, Pemprov Jatim juga akan bertindak tegas kepada perusahaan yang sembarangan mempekerjakan para TKA.

“ Jika terbukti melanggar, maka ancaman penutupan perusahaan akan benar-benar di lakukan,” ancemane Soekarwo.

Karena terkait pekerja asing ini, sebenarnya Jawa Timur sudah sangat tegas, dengan adanya perda yang telah dimiliki provinsi, yakni perda tentang wajib berhasa Indonesia, meski pemerintah pusat sudah menghapus aturan tersebut.

In this article

Join the Conversation