Sidak, Dinas Temukan Hewan Kurban Belum Poel Nekad Dijual

Surabayanews.co.id - Jelang hari raya Idul Adha 1435 H, dinas peternakan kabupaten Sidoarjo lakukan sidak pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengantisipasi munculnya gangguan kesehatan pada hewan...

38
38

Surabayanews.co.id – Jelang hari raya Idul Adha 1435 H, dinas peternakan kabupaten Sidoarjo lakukan sidak pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengantisipasi munculnya gangguan kesehatan pada hewan kurban.

Pemeriksaan tersebut dilakukan dokter hewan atau paramedis kesehatan hewan dari dinas peternakan kabupaten Sidoarjo. Pemeriksaan dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat mengkonsumsi hewan kurban.

Hampir setiap tahun dinas peternakan menurunkan petugas lapangan untuk memeriksa hewan kurban. Selain memeriksa kesehatan hewan, syarat hewan kurban yang layak dijadikan kurban antara lain, sehat berdasarkan kesehatan hewan sebelum penyembelihan atau pemeriksaan antemortem yang dilakukan dibawah pengawasan dokter hewan, tidak dalam keadaan cacat, cukup umur ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

alam sidak ataupun pemeriksaan terhadap hewan kurban tersebut, masih banyak ditemukan sapi yang belum poel atau belum cukup umur.

“Banyak yang belum cukup umur atau belum poel masih dijual. Saya tetap akan minta surat keterangan kesehatan terkait ini, besok (5/10) pagi,” terang Drh Bambang Erwanto, dinas peternakan kabupaten Sidoarjo.

Dengan penemuan hewan yang belum cukup umur tersebut, pihak dinas peternakan Sidoarjo akan memanggil pemilik hewan tersebut. Dari aturannya, sapi yang belum dewasa seharusnya tidak dijualkan ke masyarakat apalagi untuk hewan kurban.

Penjual sapi seharusnya jujur kepada pembeli agar sapi yang akan dibuat kurban bisa menjadi halal. (ris/rid)

In this article